Awas Bahaya Investasi Bodong! Yuk Pahami Cirinya

SobatPD pasti sudah tidak asing lagi dengan kata investasi kan? Investasi itu penanaman modal atau aset di suatu perusahaan dengan tujuan mendapatkan keuntungan di hari kemudian. Banyak sekali manfaat jika kita berinvestasi salah satu contohnya nilai kekayaan semakin meningkat dan menyiapkan hari tua yang tenang tanpa harus kerja keras. Sebelum berinvestasi ada baiknya kamu pahami betul konsep dasar pengelolaannya, resiko yang akan ditanggung jika uang yang kamu investasikan gagal dan memilih perusahaan investasi yang kompeten bukan abal-abal.

Maraknya kasus penipuan saat ini dengan kedok investasi yang mengiming-imingi bunga tinggi seakan tidak akan pernah ada habisnya. Tidak hanya berupa bunga yang besar, ada juga yang menawarkan kendaraan, emas hingga kegiatan agama. SobatPD harus bisa membedakan mana investasi legal/resmi dan mana investasi bodong. Jangan sampai ikut terjerat, pelajari dan pahami ciri-ciri investasi bodong tersebut. Jika kamu ditawari investasi dengan ciri-ciri di bawah ini, jangan tergiur karena investasi ini pasti bodong.

Imbalan Hasil Tinggi dengan Waktu yang Singkat dan Resiko Gagal Kecil

Seringkali investasi bodong menawarkan keuntungan yang membuat nasabah semakin tergiur, seperti imbalan tinggi dengan waktu yang singkat serta resiko gagal yang relatif kecil. Perlu kamu ketahui bahwa setiap investasi memiliki resiko, semakin tinggi jumlah dana yang kamu investasikan, semakin tinggi pula risikonya. Jika kamu ditawarkan investasi dengan ciri seperti ini, wajib kamu curigai. Investasi bodong tidak akan menjelaskan mengenai resiko yang bisa saja menimpamu.

Badan Hukum yang Menaungi tidak Jelas

Sebelum kamu ingin memulai investasi, pahami dahulu investasi apa yang ingin kamu pilih. Selidiki badan badan izin yang menaungi perusahan investasi yang kamu pilih, karena sebuah lembaga keuangan haruslah memiliki badan hukum resmi dari pemerintah sekaligus mempunyai izin usaha yang lengkap untuk beredar di Indonesia sekaligus memberikan pelayanan mengenai keuangan dan investasi. Jika perusahaan investasi tersebut tidak memiliki atau menutup-nutupi tentang izin beroperasi maka bisa dikatakan investasi yang ditawarkan bodong.

Mendesak untuk Bergabung

Salah satu ciri yang harus dicurigai jika investasi bodong adalah selalu mendesak untuk bergabung, memaksa kamu untuk ikut berinvestasi dengan hadiah yang diberikan. Memberikan batas waktu untuk bergabung, seakan kamu didesak untuk segera menanamkan uang kamu di perusahaan tersebut.

Informasi yang Dibatasi

Investasi legal akan menjelaskan detail tentang model investasi dan pengelolaan dananya kepada calon investornya, underlying usaha yang memenuhi asas kewajaran dan kepatutan di sektor investasi keuangan dan lain sebagainya. Tetapi khusus investasi bodong, jika kamu menanyakan sesuatu yang berkaitan dengan model dan pengelolaan dana, dan ke mana aset kamu dialokasikan, mereka akan memberikan jawaban yang berputar-putar bahkan cenderung menghindari pertanyaan seperti itu, hati-hati.

Jika kamu merasakan ciri-ciri yang di lakukan perusahaan investasi sama dengan penjelasan tersebut, ada baiknya pikirkan dua kali untuk bergabung. Jangan karena iming-iming bunga besar kamu tertarik, pastikan dulu perusahaan investasi yang ingin kamu pilih legal alis tidak bodong.

Sudah paham tentang investasi mana yang legal dan mana yang kaleng-kaleng kan? Kamu sudah paham juga belum kalau di Pestadiskon.com banyak diskon menarik yang bisa kamu temukan. Sebelum kamu belanja atau jajan bisa #cekdiskonnya di Pestadiskon.com.

 

Promo Diskon Hari Ini - Belanja Hemat - Voucher Murah - Diskon Terkini | Pestadiskon

Tinggalkan Balasan