Mau Hemat Tapi Gak Bisa Berhenti Jajan? Cara Mengurangi Kebiasaan Jajan

Pasti sebagian dari kamu suka jajan, sepertinya gak ada orang yang gak suka jajan walaupun hanya membeli secangir kopi atau cemilan, itu sudah termasuk kategori jajan. Wajar kok kalau kamu suka jajan asalkan tidak berlebihan sebab jika berlebihan akan menguras isi dompet kamu. SobatPD, percaya gak sih kalau sebab utama kita boros adalah keseringan jajan? Apa kamu setuju? Benar, salah satu penyebab kita boros adalah jajan yang tidak terkendali, terlalu tergiur oleh keinginan tanpa dipikir panjang. Lalu, bagaimana cara supaya bisa mengurangi kebiasaan jajan? Yuk cari tahu.

Bawa Bekal Cemilan dari Rumah

Cara untuk mengurangi kebiasaan jajan salah satunya yaitu bawa bekal atau cemilan yang kamu buat sendiri dari rumah atau cemilan yang bisa kamu beli di warung dengan harga relatif lebih murah daripada membelinya di supermarket. Jangan lupa juga untuk membawa bekal air minum, selain mengurangi sampah plastik kamu juga bisa menghemat pengeluaran untuk membeli air kemasan. Dengan cara seperti ini akan mengurangi kamu kebiasaan jajan berlebih.

Jangan Mudah tergiur dengan Promo dan Diskon

Setiap hari pasti ada promo menarik baik makanan, hiburan, fashion, hingga kebutuhan harian yang menggiurkan mulai dari bayar tunai hingga pembayaran e-payment. Hati-hati jika kamu selalu tergiur dengan promo seperti ini kamu memiliki kecenderungan konsumtif, ini gak baik SobatPD. Boleh kok kamu tertarik dengan promo seperti ini asalkan sesuai dengan kebutuhan.

Biasakan untuk Masak Sendiri, Kurangi Order Makanan Via Aplikasi

Siapa yang suka order makan via aplikasi? Tapi suka ngeluh kalau uang kamu habis sebelum tanggal gajian tiba? Kurangi order makanan via aplikasi, lebih baik kamu makan masakan sendiri atau beli di warung nasi di dekat tempat tinggak kamu. Boleh lah jika kepepet tapi usahakan yang pesan makanan yang jaraknya tidak terlalu jauh dan manfaatkan diskon pesan antar.

Batasi Pengeluran Harian

Mau berkurang kebiasaan jajannya? Coba deh batasi pengeluaran harian kamu, pangkas kira-kira 50% dari pengeluaran harian dan sisanya bisa kamu tabung untuk keperluan lainnya. Cara ini lumayan ampuh karena uang yang biasa kamu keluarkan untuk jajan tidak sebanyak biasanya, jadi keinginan untuk jajan terbatasi.

Manfaatkan Diskon jika Ingin Membeli Sesuatu yang Dibutuhkan

Ini biasanya dilakukan saat uang sudah mulai menipis, jangan hanya saat menipis aja nih SobatPD. Jika kamu menginginkan sesuatu pertama yang kamu bisa lakukan yaitu #cekdiskonnya atau cari tahu adakah promo barang yang ingin kamu beli? Jika iya, manfaatkanlah. Tetapi jangan tergiur dengan promo yang tidak kamu butuhkan ya.

Kalau kamu bisa lakukan beberapa tips di atas, sepertinya kamu bisa lebih hemat SobatPD. Asalkan kamu komitmen dengan apa yang ingin kamu lakukan. Kalau ingin tambah hemat belanja, jajan hingga bayar tagihan sebelumnya #cekdiskonnya di Pestadiskon.com karena semua info diskon yang kamu butuhkan ada di sana. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan