Pernah Tertipu Belanja Online Lewat Instagram? Tips Aman Belanja Online Di Instagram

Khusus untuk yang lahir atau remaja di tahun 90-an, kalau kamu ingin shopping atau membeli sesuatu pasti perginya ke pusat perbelanjaan (Mall dan sejenisnya) atau pergi ke pasar yang pasti kepanasan, ramai dan belum tentu barang itu ada atau di jual di sana. Bandingkan dengan zaman sekarang, siapa yang pernah menyangka belanja akan semudah sekarang, sangat banyak toko online berbasis internet yang dapat kita jangkau. Salah satu tempat yang sedang hits dan mudah di jangkau untuk menjajakan dangan yaitu sosial media, sebut saja Instagram.

Kenapa Instagram, sebab banyak orang yang menggunakan Instagram. Bagi penjual mudah sekali untuk mengelola akun hingga mudah untuk mengiklankan, disisi pembeli belanja online dengan Instagram lebih mudah karena hanya ikuti format pembelian yang ada di caption foto produk. Tidak ada belanja yang tidak memiliki resiko, termasuk belanja online di Instagram. Tapi kamu bisa menghindari resiko tersebut jika ikuti tips aman belanja online ini.

Penjelasan Mengenai Akun Instagram Produk

Jika kamu sering membuka atau bermain Instagram, pastinya kamu paham mana akun yang asli dan mana akun yang fake. Hal pertama sebelum kamu membeli adalah pastikan akun produk real account, cirinya seperti mau memberikan informasi lengkap mengenai alamat toko, alamat website, nomor telepon dan informasi pribadi lainnya. Jika toko online tersebut memberikan informasi lengkap, lanjutkan ke tips selanjutnya.

Jangan Malas untuk Baca Detail Produk dan Testimony dari Pembeli

Akun Instagram yang banyak followers nya belum tentu kredibel alias berkualitas, jadi apa yang akun Instagram itu jual belum tentu kebenarannya. Jadi, agar kamu tidak tertipu barang kaleng-kaleng jangan malas baca dengan teliti detail produk dan testimoni dari pembeli. Kamu bisa baca komentar yang ada di foto produk tersebut. Jika komentar yang ditemukan kebanyakan negatif, maka lebih baik mencari akun lain yang menjual barang yang sama. Tapi sebaliknya, jika komentarnya positif, segera lanjutkan kegiatan belanja online kamu.

Bandingkan Harga dan Pilih yang Terbaik

Harga mahal bukan berarti produk berkualitas sangat bagus, pun juga harga murah tidak berarti produk itu jelek, pastikan mengecek kembali spesifikasi produk dengan cermat dan teliti. Tidak hanya itu saja, bandingkan pula dengan harga di toko online lain. Pilih yang sesuai dengan kriteria produk yang kamu inginkan.

Pilih Metode Pembayaran yang Paling Aman

Jangan disamakan metode pembayaran di marketplace seperti (BukaLapak, BliBli, Tokopedia dll) dengan belanja online di Instagram. Kamu harus lebih berhati-hati jika belanja online di Instagram karena salah-salah uang kamu melayang. Metode pembayaran yang bisa dipilih seperti jasa COD atau bayar ditempat dengan metode pembayaran seperti ini tingkat keamanan lebih besar dan minim resiko tertipu. Jika harus transfer bank, pastikan nama rekening sama sesuai dengan yang tertera di detail akun Instagram. Setelah itu, jangan lupa untuk meminta nomor resi pengiriman untuk memastikan barang yang kamu beli sudah benar-benar dikirim.

Tidak ingin tertipu lagi kan? Tips tersebut bisa membantu kamu terhindar dari toko online Instagram kaleng-kaleng, asalkan kamu teliti dan waspada dalam belanja online. Jangan khawatir, sudah mulai banyak kok toko online yang terpercaya jadi kamu aman deh belanja onlinenya.

Mau gak tertipu sama diskon yang kaleng-kaleng kan? Kamu bisa #cekdiskonnya di Pestadiskon.com karena semua info diskon yang kamu butuhkan ada di sana.

Promo Diskon Hari Ini - Belanja Hemat - Voucher Murah - Diskon Terkini | Pestadiskon

Tinggalkan Balasan