Cara Move On Dari Perilaku Konsumtif, Kamu Pasti Bisa!

Siapa di antara SobatPD yang mudah sekali tergiur diskonan atau ikut-ikutan teman? Pasti sebelum gajian uang kamu sudah tinggal recehan kan? Jangan dilanjutkan kebiasaan konsumtif seperti itu SobatPD, gak baik untuk keuangan kamu. Perilaku konsumtif itu memiliki ciri-ciri mudah tergiur barang diskon, selalu mengikuti tren yang sedang hits, ikut-ikutan teman dan lain sebagainya padahal barang yang dibeli tidak terlalu penting hanya membeli berdasarkan keinginan bukan kebutuhan. Sampai kapan kamu terbelenggu dengan perilaku konsumtif SobatPD, Ayo move on! Demi keuangan kamu yang baik, lantas bagaimana cara move on dari perilaku konsumtif? Begini caranya

Buatlah Rencana Apa yang Akan Kamu Lakukan Esok

Bosan kan akhir bulan hanya bisa lihat promo payday karena uangnya habis untuk hal yang bukan kebutuhan? Nah
supaya bisa move on dari perilaku konsumtif, ada baiknya sebelum kamu tidur buatlah rencana yang akan kamu lakukan besok. Buat jadwal menarik supaya kamu memiliki waktu yang berkualitas tanpa melewatkan waktu untuk bersantai. Misalnya, menu makan siang yang hemat dan sehat, ingin hang out bareng sahabat cari tahu kafe atau tempat nongkrong yang ada promonya. Walaupun dalam masa move on tapi gak menderita banget kan?

Prioritaskan Kebutuhan

Kunci utama supaya bisa meninggalkan kebiasaan konsumtif adalah bisa membedakan mana kebutuhan dan keingianan. Sederhananya, butuh selalu perlu, sedangkan ingin tidak selalu butuh. Nah untuk beranjak dari perilaku konsumtif, prioritaskanlah kebutuhan kamu jangan ikut-ikutan orang lain karena tiap orang memiliki kubutuhan yang berbeda-beda, belum tentu kan teman kamu butuh barang A lalu kamu juga butuh barang tersebut. Maka dari itu mulai bisa memperioritaskan kebutuhan kamu.

Kurangi Jalan-Jalan ke Mall

Penyebab utama kamu konsumtif atau suka jajan adalah hobi banget jalan ke Mall. Asyik sih jalan-jalan ke Mall tapi efeknya nguras kantong kamu, ya kan? Jalan-jalan ke Mall memiliki potensi jajan yang besar karena banyak macam barang serta makanan dijual hingga muncul niatan belaja tak terduga dan terencana.

Berani Katakan “TIDAK”

Cara move on supaya tidak konsumtif yaitu berani bilang tidak pada diri sendiri atau ajakan orang lain. Ini akan terlihat sulit jika kamu tipikal orang yang tidak enakan, tetapi harus kamu lakukan. Contohnya, Kalau ada temen kamu yang ngajak hangout yang terprediksi akan menghabisakn uang banyak, kamu boleh kok menolak ajakan tersebut dengan bijak. Jelaskan maksud kamu kenapa tidak ikut, siapa tahu mereka pun bisa belajar kalau perilaku konsumtif itu merugikan.

Berpikirlah Jernih Sebelum Kamu Memutuskan

Siapa yang suka nyesel kalau khilaf belanja? Nah kan cuma laper mata saja. sebaiknyajangan terlalu terburu-buru untuk memutuskan membeli sesuatu, pikirkan dulu apakah barang yang kamu beli memang menjadi kebutuhan atau hanya karena keinginan. Alternatif supaya kamu gak terlalu menyesal karena khilaf belanja, bisa kamu jual kembali barang yang tidak terlalu kamu butuhkan ke sahabat atau kerabat. Hitung-hitung belajar jualan untuk menambah penghasilan.

Sepertinya mudah untuk direalisasikan cara move on supaya tidak konsumtif lagi. Untuk move on dari mantan pacar saja bisa, masa ingin menjadi lebih baik untuk keuangan kamu saja sulit.

 

Promo Diskon Hari Ini - Belanja Hemat - Voucher Murah - Diskon Terkini | Pestadiskon

Tinggalkan Balasan