Kebocoran Halus Kenapa Uang Habis Sebelum Akhir Bulan

“aku udah ikutin cara paling mudah untuk atur keuangan, tapi kenapa uang habis belum sampai akhir  bulan, itu kenapa?” Ada yang bisa bantu masalah SobatPD yang satu ini? atau punya permasalahan yang sama? Jangan sedih dong, semua masalah pasti ada solusinya kok. Bisa bisa jadi masalah yang kamu alami ada bocoran halus di keuangan kamu SobatPD. Bocor halus keuangn itu maksudnya ada pengeluaran kecil yang dianggap remeh dan dilakukan berulang kali tanpa sadar, akibatnya sudah pasti uang habis sebelum akhir bulan. Nah, apa saja hal sepele yang membuat kebocoran halus keuangan kamu?

Membeli Sesuatu yang Tidak Diinginkan

Ini tidak hanya dalam pembelian suatu barang, ini bisa berupa pesan makanan via online atau jajan di kantin karena ikut-ikutan. Coba kamu bayangkan, karena hanya ikut-ikutan tetapi bisa membuat keuangan kamu berantakan. Nominalnya memang tidak seberapa tetapi kalau sering? Sudah berapa uang kamu yang bocor?

Suka Tarik Tunai atau Transfer Tetapi Beda Bank

Siapa yang masih melakukan hal ini? Kamu pasti tahu kan kalau ada biaya admin jika melakukan tarik tunai atau transfer pada beda bank. Memang hal ini sepele, coba kamu kalkulasikan jika dalam sehari kamu bisa 1x tarik tunai dan 1x transfer tetapi beda bank. Anggaplah biaya admin Rp 6.000; sehari sih belum terasa tapi kalau sudah seminggu atau sebulan? Banyak kan?

Meremehkan Uang Recehan

“uang receh itu berat, bikin penuh dompet”. Jika keadaanya uang di dompet kamu bukan uang kecil, lalu kamu butuh bayar parkir atau sekedar beli minum. Apa yang harus kamu lakukan? Pasti membayar dengan uang ratusan atau puluhan ribu, benar? Ini yang bikin bocor, pas butuh bayar jajan atau parkir harus mecahin uang besar sebab tidak punya stok uang kecil. Dan karena uang sudah pecah menjadi pecahan ribuan, kamu akan lebih mudah untuk jajan karena dipikiran beranggapan bahwa jajannya hanya seribu atau lima ribu, padahal kalau dihitung-hintung bisa habis puluhan ribu.

Terlalu Mudah untuk Meminjamkan Uang Kepada Orang Lain

Tidak salah meminjamkan uang kepada teman atau sahabat, syaratnya jika ingin meminjamkan paling tidak kondisi uang kamu baik, masih bisa bertahan hingga gajian tiba. Dan, jika kamu pinjamkan uang kepada orang yang tidak bisa di andalkan, kamu harus rela uang kamu tidak kembali dan kamu yang balik meminjam uang ke orang lain.

Tidak Bijak Dalam Memanfaatkan Paket Langganan

Untuk apa jika kamu menggunakan layanan tv kabel dangan fasilitas komplit, padahal yang kamu butuhkan hanya layanan internetnya saja dan layanan tv kabenya jarang di tonton. Lebih baik ambil layanan internet saja, daripada hanya bayar tagihan lebih baik manfaatkan yang dibutuhkan.

Bocor halus itu terjadi memang tanpa sadar, sedikit tetapi jika dilakukan tiap hari bahkan sering bisa-bisa bocornya makin besar. Tidak salah jika kamu ingin memanjakan diri tetapi ingat harus bisa mengontrol uang yang keluar agar tidak terbuang percuma. Kurangi kebiasaan yang bisa menyebabkan kebocoran halus pada keuangan.

Tinggalkan Balasan