Cara Menghemat Pengeluaran Untuk Anak Kost Tanpa Menyakitkan

Hemat merupakan prinsip utama yang harus di dasari oleh semua anak kosan karena hidup ngekost itu dipaksa untuk hidup mandiri, jauh dari orang tua, apa-apa sendiri dan sebisa mungkin uang yang diberikan atau dihasilkan cukup hingga akhir bulan. Tidak pintar atur keuangan bisa-bisa akhir bulan bisa terasa sangat menyakitkan. Lalu, gimana cara menghemat pengeluaran untuk anak kosan supaya akhir bulan tidak menyakitkan?

Pertama yang menjadi tips supaya bisa berhemat khusus anak kosan adalah buat rincian pengeluaran bulanan, ini wajib sekali harus kamu buat karena dengan merinci apa saja yang menjadi kebutuhan bisa kira-kira berapa anggaran untuk jajan di akhir bulan. Bingung gimana cara mulainya? Gampang, bikin daftar kebutuhan yang paling penting sampai biaya untuk jajan kamu.

Setelah itu ada tips kedua biar tidak menderita di akhir bulan yaitu nabung. Kamu pasti sering baca artikel tentang mengatur keuangan dan sering juga mendengar kata menabung, memang salah satu cara menghemat pengeluaran yang tepat adalah menabung. Menabung bukan sekedar menyimpan uang tetapi dengan menabung kamu memiliki dana darurat serta investasi.

Ketiga yang tidak kalah penting untuk anak kosan supaya akhir bulan terselamatkan yaitu bayar tagihan tepat pada waktunya. Kenapa harus segera bayar tagihan supaya tidak merasa kaya sesaat. Merasa kaya sesaat akan menimbulkan keinginan untuk membeli apapun yang kamu mau sebab uang di rekening terlihat banyak. Jangan tunda bayar tagihan karena semakin menunda, uang di rekening akan kekuras sedikit demi sedikit untuk menutupi keperluan yang tidak penting.

Keempat, jangan malu jadi diskon hunter. Jadi pemburu diskon itu gak dosa kok, justru cara menghemat pengeluaran bulanan dan sisa uangnya bisa kamu pergunakan untuk menutupi kebutuhan lain. Kamu bisa manfaatkan sosial media atau platform informasi tentang diskon, #cekdiskonnya sesuai dengan kebutuhan kamu ya.

Tips kelima ini tidak disangka bisa membantu keuangan kamu jika masuk akhir bulan, yaitu menyimpan uang koin atau recehan. Jangan karena nominalnya kecil lalu kamu perlakukan seenaknya, uang receh juga bisa membantu kamu mengatasi krisis di akhir bulan loh. Kamu bisa tabung uang receh itu dan bisa kamu manfaatkan jika dompet sudah mulai terasa ringan.

Yang keenam, ini biasa di lakukan oleh anak kosan. Cari tempat makan yang harganya agak miring, ini bisa kamu terapkan tiap hari jika kamu malas memasak dan tips ini dijamin menghemat pengeluaran. Tetapi jangan lupa utamakan kesehatan dan kebersihn makanannya juga loh SobatPD. Selain itu, usahakan membawa minum sendiri, selain lebih hemat pengeluaran juga menguragi sampah plastik.

Tips terakhir ini bisa jadi alternatif menghemat uang tanpa menyakitkan, ibaratkan saja sambil olahraga, yaitu cuci baju sendiri. Karena kamu ngekos juga sendiri jadi hanya baju-baju kamu kan yang di cuci, nah dari pada kamu laundry mengeluarkan uang tambahan lebih baik cuci sendiri. Coba buat perumpamaan, dalam 1 minggu pakaian kotor kamu mencapai 3 kg, asumsikan per kilogramnya Rp 7000 berarti 3 x Rp 7000 = Rp 21.000. Dalam sebulan 4x laundry jadi Rp 21.000 x 4 = Rp 84.000. Kamu bisa bayangkan jika kamu cuci sendiri hanya modal sabun cuci dan pewangi pakaian yang harganya tidak sampai segitu mahal. Bisa lebih hemat jika cuci sendiri kan?

Untuk kamu yang ngekos pasti mengatur keuangan bukan perkara yang mudah, harus cerdik dan pintar dalam mengelola keuangan, salah-salah bisa menyakitkan di akhir bulan. Adanya tips tersebut bisa membantu dalam menghemat pengeluaran dan tidak menyakitkan.

Selain itu sebelum kamu belanja ada baiknya #cekdiskonnya di Pestadiskon.com karena semua info diskon yang kamu butuhkan ada di Pestadiskon.

Tinggalkan Balasan