Memiliki Ciri-Ciri Dibawah Ini? Berarti Kamu Terindikasi Punya Masalah Keuangan

Semua orang pasti menginginkan keuangan yang sehat seperti adanya anggaran pengeluaran yang jelas, mampu memenuhi kebutuhan pokok tanpa merasa tersiksa dan memiliki banyak uang. Apakah memiliki banyak uang bisa menjamin bisa terhindar dari masalah keuangan? Tentu saja tidak. Jika kamu tidak bisa mengelola keuangan, masalah yang akan timbul biasanya “gaji besar tapi kebutuhan tidak pernah cukup” alias habis begitu saja. Jika kamu merasa tidak pernah mengalami masalah keuangan, jangan terlalu sesumbar, coba perhatikan beberapa ciri-ciri dibawah ini, jika ada beberapa yang sama keadaannya berari kamu terindikasi memiliki masalah dalam keuangan.

Tidak bisa bayar tagihan tepat waktu

Salah satu ciri yang menonjol jika kamu memiliki masalah dalam keuangan yaitu, tidak bisa bayar tagihan tepat waktu dan lebih parah lagi jika menunggak tagihan tersebut. Pendapatan kamu habis untuk tuntutan gaya hidup dan tidak memperhitungkan pengeluaran dengan tepat. Jika kamu dalam kondisi seperti ini, hindari berhutang dan lakukan lebih dahulu pengeluaran prioritas salah satunya membayar tagihan tepat waktu. Jika kamu terus menerus menunggak, yang ada tagihan itu akan semakin menumpuk dan sulit dilunasi.

Gaji habis padahal masih di awal bulan

Apakah kamu sering merasakan masalah seperti ini? Nah, ini ciri-ciri kalau keuangan kamu bermasalah SobatPD. Jangan seperti kata pepatah “besar pasak daripada tiang”. Jika baru gajian, jangan tergoda oleh hal-hal yang menyebabkan uang kamu habis belum pada waktunya. Utamakan menabung dan yang menjadi prioritas. Uang yang kamu keluarkan di awal bulan untuk keperluan yang tidak penting, bisa menjadi penolong jika kamu sedang tidak punya uang. Jika memang sudah dikelola dengan baik tetapi masih habis sebelum gajian datang lagi, ada baiknya kamu cari penghasilan tambahan.

Pinjam uang untuk bayar hutang

“Gali lubang, tutup lubang” pribahasa yang cocok untuk menggambarkan ciri-ciri keuangan kamu yang tidak sehat ini. Jika kamu di keadaan seperti ini, ada baiknya kamu stop deh. Karena ini bukan solusi yang tepat untuk melunasi hutang kamu, justru menambah beban hutang lho SobatPD. Jangan pinjam uang untuk menutup hutang, boleh kamu berhutang tetapi untuk modal usaha, berbisnis, investasi dan lain sebagainya.

Menjadikan hutang sebagai pemecah solusi

Ini sudah jelas kalau keuangan kamu bermasalah atau kamu terindikasi masalah keuangan, menjadikan hutang sebagai solusi terakhir masalah keuangan. Ini akan menjadi masalah berkepanjangan jika kamu menungak karena beban bayar kamu akan lebih besar. Sebelum kamu berhutang, ada baiknya kelola terlebih dahulu keuangan kamu di awal bulan. Buatlah rincian prioritas apa yang harus dibayar dan hiduplah sederhana sesuai dengan kemampuan keuangan kamu.

Tidak punya tabungan

“untuk biaya sehari-hari aja kurang, gimana nabung” kata siapa gaji UMR tidak bisa nabung? Pasti BISA! Tergantung gimana kamu mengelola keuangan kamu dan tidak terlalu mengikuti kehidupan kelas atas. Jangan tergiur dengan promo-promo yang tidak menguntungkan dan tidak sesuai dengan kebutuhan kamu ya. Sisihkan gaji kamu minimal 10% perbulan dan jangan digunakan kalau tidak dalam keadaan kepepet. Kamu bisa gunakan tabungan sebagai dana darurat jika keuangan kamu pas-pasan.

Ada berapa ciri yang sama persis seperti yang kamu alami sobatPD? Sudah tahu kan ciri-ciri keuangan bemasalah? Jadi kamu mau pilih mana, keuangan sehat atau bermasalah? Semua adalah pilihan kamu.

Tinggalkan Balasan