Jika Ingin Berbelanja Hemat Harus Dalam Keadaan Perut Kenyang, Benarkah ?

SobatPD pasti sering sekali membaca artikel tentang penyebab pemborosan. Di artikel itu menjelaskan beberapa hal yang tidak kita sadari bahwa hal itu bisa menyebabkan kita boros seperti, untuk membangkitkan mood bekerja, kamu harus minum kopi di kedai kopi ternama, atau membawa uang cash berlebih di dompet dan yang lebih unik lagi yaitu jika ingin berbelanja harus dalam keadaan perut kenyang.

Benarkah jika ingin berbelanja harus dalam keadaan perut kenyang?

Ternyata benar adanya, jika perut kamu lapar maka sifat impulsif jauh lebih cepat keluar daripada biasanya. Mengapa? Sebab disaat lapar kamu akan membeli apa yang menarik dihadapan kamu karena  konsentrasi terpecah, kamu melihat barang atau makanan disekeliling kamu terlihat lebih menarik dan enak daripada biasanya. Jadi selain boros, kamu juga bisa makan makanan yang kurang bergizi

Dari pernyataan tersebut ada beberapa penelitian yang ingin membuktikan pendapat tentang hal itu, salah satunya yang dilakukan oleh University of Minnesota menemukan bahwa, berbelanja saat lapar dapat membuat kamu membeli barang kurang penting yang memang tidak diperlukan. Tidak hanya berlaku untuk berbelanja bahan makanan saja, namun juga untuk barang lain seperti fashion.

Jika kamu belanja saat lapar, maka kamu cenderung belanja lebih banyak item dibandingkan berbelanja dalam keadaan kenyang. Apalagi belanja yang dipengaruhi oleh diskon, seharusnya kamu hanya butuh 1 pasang sepatu karena tergiur diskon beli 2 dapat 3, maka rasa lapar itu mempengaruhi kinerja otak kamu yang berfikir singkat. Pada akhirnya terjebak dengan diskonan yang tidak penting dan membuat kamu boros.

Jangan khawatir akan penelitian itu, bisa kamu ambil kesimpulan bahwa memang benar belanja dalam keadaan lapar bukan hanya lapar perut, juga bisa lapar mata alias apa saja ingin kamu beli. Jika memang harus belanja dalam keadaan perut lapar, kamu bisa makan makanan ringan yang akan membuat perut kamu kenyang walaupun tidak dalam waktu lama. Kamu juga harus membatasi waktu belanja, kurang lebih 1,5 jam karena jika terlalu lama ditakutkan akan membeli barang yang tidak kamu butuhkan. Dan yang paling penting adalah belanjalah sesuai dengan kebutuhan supaya tidak boros.

Tinggalkan Balasan