Bukan Hanya Sekedar Slip Gaji, Kamu Wajib Tahu Manfaat Lain Dari Slip Gaji Yang Suka Kamu Abaikan

Slip gaji, siapa yang tidak familiar dengan kata tersebut, apalagi buat kamu yang sudah bekerja di sebuah perusahaan. Slip gaji ini pasti dikirimkan ke tiap karyawan baik berupa lembar fisik ataupun non-fisik yang berisi besaran rincian upah bekerja selama sebulan. Sebagai informasi tambahan saja nih, ternyata ada aturan mengenai pemberian slip gaji pada Peraturan Pemerintah Nomor 78 Th. 2015 tentang Pengupahan.

“Pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran upah (slip gaji) yang memuat rincian upah yang diterima pekerja pada saat upah dibayarkan,” bunyi Pasal 17 ayat (2) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

Nah, siapa yang di antara kamu yang memandang slip gaji hanya dokuman yang membosankan? Kamu harus tahu bahwa slip gaji tidak hanya sekedar kertas atau dokumen tetapi ada manfaat lain yang kamu sudah abaikan, berikut penjabarannya.

Bisa tahu lebih rinci besaran gaji yang kamu dapatkan tiap bulan

Gajian hanya sekedar tahu dari mobile banking saja sudah biasa, tetapi kamu tidak tahu kan bahwa ada rincian detail mengapa kamu di gaji sebesar itu. Dalam slip gaji juga kamu paham berapa gaji pokok yang kamu dapatkan, potongan pajak, asuransi, tunjangan jabatan dan lain-lain. Dan jika ada ketidaksesuaian gaji, kamu bisa komplain mengapa tidak sesuai dengan kesepakatan. Jadi semua pendpatan kita transparan.

Salah satu syarat jika kamu ingin mengambil kredit rumah atau kendaraan bermotor

Buat yang berniat untuk kredit rumah atau kendaraan, salah satu syarat persetujuannya adalah memiliki slip gaji. Sudah punya belum? Biasanyan untuk kredit rumah, kamu harus menyertakan slip gaji selama tiga sampai enam bulan berturut-turut untuk masa kerja minimal satu tahun. Nah dari slip gaji itu, bank akan menganalisa kemampuan kamu dalam angsuran tiap bulannya.Fungsi dari slip gaji itu sendiri untuk memastikan bahwa kamu memiliki pekerjaan tetap dengan penghasilan cukup untuk membayar cicilan setiap bulannya.

Slip Gaji sebagai syarat mengajukan kartu kredit di Bank

Kamu mau punya kartu kredit? Nah harus simpan baik-baik slip gajinya karena salah satu syarat dokumannya adalah punya slip gaji. Ini menjadi bukti bahwa kamu sanggup untuk membayar cicilan kartu kredit yang ingin dibuat.

Lampiran saat kamu ingin melamar pekerjaan baru

Saat kamu sedang melamar pekerjaan baru, sering kali saat sesi wawancara kamu akan ditanyakan tentang berapa besar gaji yang ingin kamu terima. Bahkan ada beberapa yang meminta menunjukkan bukti kalau kamu diberikan gaji sebesar itu di perusahaan sebelumnya. Maksud dari perusahaan menanyakan hingga menginginkan bukti adalah sebagai bahan pertimbangan gaji yang harus kamu dapat sesuai dengan kesanggupan perusahan yang baru. Di sini kamu bisa menggunakan slip gaji sebagai senjata kalau kamu berkualitas.

Selain uang gaji yang kamu manfaatkan untuk keperluan sehari-hari, ternyata slip gaji tidak kalah besar manfaatnya kan? Kamu bisa mendapatkan kredit jika ada slip gaji dan manfaat lain dari slip gaji itu sendiri. Melihat beberapa manfaat dari slip gaji di atas, maka penting bagimu untuk menyimpan slip gaji dengan baik. Untuk bulan depan jangan di buang ya slip gajinya.

Tinggalkan Balasan