Apa Bedanya Kebutuhan Dengan Keingainan? Paham Bedaannya Tetapi Sulit Di Laksanakan

Sering kali kamu membaca artikel tentang pengelolaan keuangan yang dibahas mengenai kebutuhan dan keinginan, sebenarnya kamu sudah paham belum mana yang menjadi kebutuhan dan apa yang menjadi keinginan? Saat kamu tidak bisa membedakan kebutuhan dan keinginan, biasanya akan terjebak dalam berbagai masalah finansial. Parahnya lagi bila kebutuhan utamanya malah tidak terpenuhi. Dan biasanya suatu hal yang menjadi kebutuhan namun saat mendapatkannya, barulah disadari bahwa hal itu hanya keinginan. Meskipun sulit, bukan berarti kebutuhan dan keinginan sulit untuk dibedakan.

Gimana cara membedakan mana kebutuhan dan yang hanya keinginan?

Setiap orang memiliki definisi berbeda tentang kebutuhan dan keinginan, cara mudah untuk mengetahuinya lebih kepada menanyakan kepada diri sendiri dengan memahami arti kata tersebut. Secara sederhana, kebutuhan diartikan seperti apa yang harus kamu miliki atau sesuatu yang diperukan untuk kelangsungan hidup kamu. Sedangkan keinginan, muncul karena faktor emosi sesaat terhadap sesuatu yang kamu harap bisa memilikinya. Terkadang kedua hal ini sulit dibedakan tetapi dengan paham makna dan kondisi keuangan, kamu pasti bisa membedakkannya.

Lalu, bagaimana cara mengelola kebutuhan dan keinginan?

Karena setiap orang memiliki standar kebutuhan dan keinginan yang berbeda-beda, pun cara mengelola kebutuhan dan keinginan. Sebab, hal ini sangat bergantung pada kondisi lingkungan, tuntutan pekerjaan, dan faktor lainnya. Jika tidak ingin terjebak dalam dilema kebutuhan atau keinginan, kamu bisa :

Tanyakan pada diri sendiri

Hal ini paling penting sebelum kamu menjadikan sesuatu jadi kebutuhan atau keinginan. Apakah barang tersebut sangat kamu butuhkan? Jika jawabanya ragu-ragu, berarti hanya bagian dari keinginan. Atau pertanyaan lain seperti, menyesalkah jika tidak memiliki barang tersebut? Pertanyaan yang menjebak, kamu harus lebih menganalisa nilai kegunaan barang tersebut, jika hanya dikarenakan diskon, dan tidak terlalu butuh barang tersebut, lebih baik tidak di beli. Jika sebaliknya maka itu termasuk kebutuhan. Usahakan bertanya pada diri sendiri sebelum kamu memilih atau membeli sesuatu, karena pertanyaan tersebut sangat membantu dalam menjadikan suatu benda itu kebutuhan atau keinginan semata.

Buatlah anggaran bulanan

Cara lainnya yaitu buatlah anggaran bulanan. Disini kamu bisa melihat kesanggupan finansial kamu tiap bulan, tentunya kamu tidak mau merasakan sengsara sebelum akhir bulan hanya karena mengikuti keinginan kan? Di anggaran ini, kamu bisa menentukan keperluan yang lebih prioritas dan diperlukan saat ini serta mana barang yang ingin kamu dapatkan suatu saat nanti. Setelah rencana anggaran selesai kamu buat, kamu bisa membedakan mana yang menajdi kebutuhan atau hanya keinginan.

Kendalikan hasrat untuk berbelanja

Di bagian ini jika kamu mengikuti emosi, yang awalnya hanya keinginan akan berubah menjadi kebutuhan. kamu bisa dengan mudah membedakan kebutuhan dan keingian dengan mengendalikan hasrat untuk berbelanja. Hindarilah pusat perbelanjaan karena tempat-tempat tersebut bisa memancing untuk mengeluarkan uang secara tanpa terencana dan berlebihan. Namun, jika tetap ingin pergi ke tempat tersebut, pastikan apa yang ingin dibeli.

Jika sudah bisa membedakan kebutihan dengan keinginan, kamu dapat mengelola finansial dengan baik dan sesuai dengan rencana yang sudah kamu buat. Selain itu, ada beberapa manfaat jika kamu sudah paham mana kebutuhan dan keinginan

Paham dengan prioritas

Jika kamu sudah paham tentang mana yang menjadi kebutuhan dan hanya keinginan, kamu pasti tahu mana prioritas mu. Prioritas sama dengan kebutuhan hidup kamu, tetapi bukan berarti mengabaikan keinginan melaikan mana yang lebih penting dan mana yang hanya keinginan sesaat.

Dari bahasan diatas, memang sulit awalnya membedakan kebutuhan dengan keinginan tetapi dengan memahami finansial yang kamu punya, kamu jadi bisa lebih bijak menentukan mana kebutuhan dan keinginan. Selain itu, kamu juga dapat menentuka prioritas di kehidupan kamu.

Tinggalkan Balasan