Wajib Kamu Tahu! Macam-Macam Promo Diskon Supaya Tidak Mudah Tertipu

Semua orang suka dengan hal ini, tidak muda atau tua, laki-laki atau perempuan, pasti semua suka. Sebut saja dia diskon atau promo. contohnya saja jika kamu ke Mall dan lihat ada promo spesial seperti diskon hingga 70%, cashback 60% sampai buy 1 get 1, siapa yang tidak tergiur. Langsung deh masuk ke outlet atau gerai yang punya diskonan seperti itu, iya kan? Semenarik itu promo atau diskon sampai yang niat awalnya tidak ingin belanja, pasti jadi belanja deh.

Di antara kamu juga pasti pernah ketipu masalah diskon, contohnya ada promo cashback 50%, anggapan kamu tiap pembelian apapun bisa dapat pengembalian setengah dari harga barang yang kamu beli, tetapi kenyataannya adalah ada syarat bahwa maksimal promo cashback 50% hanya sebesar 20.000 rupiah sehingga harga yang kamu bayar ke kasir tetap mahal. Ini adalah strategi yang biasanya dilakukan untuk membuat menarik konsumen. Nah, supaya kamu tidak tertipu lagi dengan tipu daya diskon, ada baiknya kamu tahu macam-macam promo diskon, yuk simak

Diskon regular

Jenis dari diskon atau promo ini pasti kamu sudah tahu dan umum diterapkan di Mall, Marketplace atau tempat belanja apapun. Promo jenis ini ditandai dengan potongan harga seperti diskon 70% Off, diskon 50% + 20% dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan promo ini, biasanya tidak perlu memenuhi syarat dan ketentuan tertentu tetapi kamu harus hati-hati ya. Promo ini startegi marketing, biasanya harga dinaikkan terlebih dahulu beberapa persen, kemudian iming-iming diskon besar.

Cashback (pengembalian)

Kamu juga sudah sedikit paham dengan jenis diskon ini, promo berupa potongan harga dalam bentuk pengembalian uang. Cashback ini dapat digunakan sebagai alat pembayaran atau potongan harga untuk pembelian selanjutnya. Variasi promo ini juga sudah beragam, ada yang dalam bentuk voucher, poin (untuk ditukar atau dibelanjakan lagi), pengembalian uang secara virtual, seperti saldo go-pay atau OVO dengan nilai maksimum. Untuk promo jenis ini, kamu harus lebih teliti di syarat dan ketentuannya. Biasanya ada maksimal Cashback yang diberikan.

Diskon tematik

Jenis promo diskon tematik biasanya menawarkan potongan harga berupa besaran presentase atau pun diskon dengan nilai yang tetap. Bedanya, untuk mendapatkan diskon ini, kamu harus memasukkan kode unik yang bisa sebut dengan kode voucher, kode promo, kode diskon, kupon, dan lain sebagainya. Jenis promo ini memang banyak diberikan untuk pembelanjaan Marketplace tetapi tidak jarang juga untuk belanja di perusahaan retail seperti department store, restoran dan lain-lain.

Diskon Bundling

Jenis promo seperti menggabungkan satu atau beberapa buah produk tertentu di dalam sebuah paket penjualan. Pasti kamu juga menemukan promo ini, misal beli 2 produk kecantikan dapat handuk cantik, gratis softcase untuk pembelian smartphone tertentu dan lain sebagainya. Nah, khusus jenis promo ini kamu harus cermat dalam membelinya karena bisa jadi kamu terjebak, kenapa? Sebab kenyataannya harga diskon bundling memang harga jumlah barang tersebut, bukan gratis produk atau bonus pembelian tertentu.

Promo Point Reward

Jenis promo ini lebih kepada member keanggotaan suatu Bank atau produk tertentu, bentuknya seperti poin yang nantinya dapat ditukarkan menjadi kupon diskon, voucher belanja, dan bonus-bonus lainnya. Point Reward merupakan salah satu strategi untuk mengikat konsumen, dengan memberikan poin, maka kamu makin semangat untuk melakukan transaksi dan mendapatkan poin sebanyak-banyaknya.

Dari beberapa jenis promo diskon di atas, mana yang sering membuat kamu tertipu? Sekarang sudah tahukan jenis-jenis promo diskon, yuk lebih cermat dan hemat dalam berbelanja.

Tinggalkan Balasan