Mau Berbisnis Tapi Bingung Harus Mulai Darimana? Jangan Khawatir, Ini Langkah Awal Untuk Kamu Memulai bisnis

Ada gak sih di antara SobatPD yang mau berbisnis tapi bingung mau mulai darimana? Bingung mau bisnis dibidang apa, bagaimana modalnya, untung atau malah buntung bisnisnya, banyak hal yang membuat jadi pertanyaan “harus mulai darimana?”. Hal ini wajar mengingat kuatnya persaingan bisnis yang sudah ada di sekeliling kita.

Memang menjadi pebisnis bukan hal yang mudah, niat saja tidak cukup butuh modal tinggi dan yang paling penting adalah ide dan konsep harus memiliki nilai jual. Jangan karena bingung mau mulai bisnis darimana, niatan dan semangat baik kamu luntur. Supaya ide mudah diperoleh, mungkin dengan beberapa langkah awal ini bisa membuat kamu bisa mulai berbisnis.

Lakukan dengan hal yang kamu sukai

Sebagai langkah awal paling mudah yaitu memulai dengan hal yang disukai, jika kamu menyukai apa yang kamu lakukan, maka akan melakukannya dengan sepenuh hati. Kamu bisa menyelaraskan bisnis kamu dengan hal yang menjadi kesukaan atau hobi. Dari hal itu, kamu bisa mengembangkan lagi menjadi ide bisnis yang sangat mungkin kemu geluti. Jangan terlalu jauh memikirkan keuntungan yang didapat ya, yang penting adalah kamu berani untuk memulai bisnis.

Cari mitra untuk kerjasama

Tidak semua ide yang kamu punya baik untuk bisnis yang ingin kamu jalani, ada baiknya ajak teman atau kerabat untuk saling bertukar ide. Siapa tahu ide mereka bisa membuat bisnis kamu semakin unik dan bekerja sama untuk membuat bisnis bersama. Kalau beban dipikul bersama akan semakin ringan kan daripada kamu harus berjuang sendirian.

Fokus pada satu bisnis yang kamu ingin jalani

Semakin banyak ide bisnis yang ingin kamu jalani, semakin sulit menentukan kearah mana fokus kamu ingin memulai bisnis. Semua ide yang didapat ingin kamu kembangkan, tetapi kembali lagi apakah semua ide bisnis itu bisa di lakukan bersamaan? Bisnis yang baru ingin mulai ini harus punya fokus, dengan kamu fokus pada satu peluang, maka seluruh ide dan pikiran untuk mengembangkan bisnis akan lebih terarah. Hal ini akan memudahkan kamu dalam mengeksekusi semua ide-ide tersebut. Mulailah fokus pada bisnis yang ingin kamu jalani.

Analisa pasar kemudian kembangkan dengan ide bisnis yang kamu miliki

Setelah kamu sudah memantapkan bisnis yang ingin dijalani, hal selanjutnya adalah analisa sederhana bisnis yang sedang digandrungi dan tidak lekang oleh waktu. Biasanya bisnis yang mainstream dan dikembangkan dengan ide yang unik akan menjadi nilai jual untuk bisnis yang baru dimulai. Buat saja analisa sederhana mengenai siapa saja sasaran dari bisnis yang ingin kamu buat, mulai gender, usia, hingga berasal dari kalangan mana. Semakin luas cakupannya, potensi kesuksesan bisnismu juga kian besar.

Perhitungkan modal

Bisnis akan jalan jika ada modal, setuju gak? Iya benar, modal itu bukan sekedar dana yang kita punya tetapi penunjang bisnis yang ingin dijalani misalkan, ide, gadget dan lain sebagainya. Dari hasil analisa tadi bisa kamu simpulkan berapa besaran modal yang harus dikeluarkan. Dengan mengetahui secara pasti modal yang dimiliki, semakin mudah kamu memulai bisnis yang ingin digeluti.

Yakinilah bahwa bisnis yang kamu jalani akan mendatangkan rejeki, mulailah dahulu dengan niat yang baik dan fokus apa yang ingin dijalani. Jangan selalu memikirkan hal negatif dalam berbisnis, untung dan rugi sudah hal yang lumrah. Hal yang terpenting adalah semangat kamu memulai bisnis yang ingin ditekuni.

Tinggalkan Balasan