Apa Itu Aplikasi Paylater? Kenalan Yuk Sama Fitur Baru Ini

Di antara kamu, ada yang belum kenal tentang Fintech? Kamu pernah tahu tentang pinjaman online? Nah, salah satu produk dari Fintech adalah pinjaman online dan pinjaman online ini termasuk Fintech P2P Lending. Semakin berkembanganya teknologi, semakin banyak juga jenis fitur transaksi yang mempermudah kita dalam pembayaran. Transaksi tunai pun kini mulai digeser dengan non tunai (cashless) prosesnya pun terbilang singkat, mulai dari bayar pakai kartu seperti e-money, bayar menggunakan aplikasi misalnya e-payment (Gopay, OVO, DANA, LinkAja dst) hanya dalam beberapa menit transaksi bisa diselesaikan. Masalah yang timbul dari pembayaran adalah tidak semua hal bisa dibayar dengan tunai karena keterbatasan dana, baru-baru ini hadir teknologi fitur pembayaran yang disebut Paylater.

Sebenarnya, apa sih Paylater itu ?

Menjamurnya e-commerce dan marketplace memunculkan kebutuhan lain dalam hal pembayaran, tidak lagi membayar secara tunai, kamu bisa membayar di akhir sesuai dengan batas waktu yang diberikan dan transaksi pembayaran ini disebut Paylater. Fitur pembayaran Paylater adalah metode pembayaran dengan cicilan tanpa kartu kredit, dimana kamu bisa memanfaatkan jasa dan layanan kapanpun kemudian membayar tagihannya di akhir bulan dengan batasan waktu yang telah ditentukan.

Gimana mekanisme memanfaatkan fitur Paylater ?

Karena Paylater tidak jauh berbeda dengan pinjaman online, jika kamu ingin memanfaatkan Paylater hal yang pertama harus dilakukan adalah harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu serta memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Setelah syarat terpenuhi dan pendaftaran disetujui, kamu akan memperoleh limit sesuai denga platform Paylater yang kamu pilih. Dan ingat ya setiap pinjaman online memiliki bunga jika kamu terlambat bayar, besaran bunganya berbeda tiap platform.

Cara bayar tagihannya bagaimana ?

Tiap platform Paylater berbeda juga nih cara bayar tagihannya, pada umumnya tagihan PayLater akan jatuh tempo sesuai dengan ketentuan. Jika ingin bayar tagihan, cara aksesnya pun cukup mudah, bisa langsung menggunakan fitur pembayaran pada aplikasi Paylater dan bisa pilih membayar cicilan dengan otomatis memotong saldo yang tersimpan atau manual dengan cara transfer ke bank.

Apa keuntungan jika menggunakan Paylater  ?

Tidak semua yang kita butuhkan bisa dibayar langsung tunai di hari yang bersamaan, ada kalanya harus  membeli dahulu dan bayar secara dicicil. Nah, dengan Paylater selain bisa memanfaatkan layanan dan jasa terlebih dahulu, ada beberapa keuntungan lain yang bisa kamu dapat, seperti:

Pembayaran yang fleksibel

Ketika kamu berhasil mendapatkan dana pinjaman lewat PayLater proses pembayarannya bisa kamu lakukan fleksibel nantinya. Dengan jangka waktu 1 sampai 12 bulan tergantung biaya tagihan yang kamu gunakan

Bisa pinjam kapan saja

Proses peminjaman yang ingin kamu ajukan juga tidak terbatas oleh waktu. Kamu boleh mengajukannya kapan saja asalkan semua persyaratan seperti data-data sudah kamu siapkan untuk diunggah saat proses pengajuannya.

Pendaftaran sangat praktis

Tanpa perlu ribet, pendaftaran PayLater bisa kamu lakukan dengan sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan foto KTP dan beberapa dokumen pelengkap seperti SIM, NPWP, BPJS ataupun KK. Hanya unduh aplikasi Paylater yang kamu inginkan, ikuti caranya serta syarat dan ketentuannya.

Paylater hadir mempermudah transaksi terlebih untuk kamu yang tidak memiliki kartu kredit, jika kamu butuh cepat tetapi tidak memiliki dana bisa didahulukan dengan menggunakan Paylater. Dan gunakan fitur Paylater ini dengan bijak ya, karena tiap metode cicilan pasti terdapat bunga yang menjadi beban. Jangan sampai menimbulkan perilaku konsumtif terhadap Paylater.

Tinggalkan Balasan