Sehabis Lebaran Dompet Mulai Tipis? Supaya Tidak Frustasi, Siasati dengan Cara Ini

Setelah libur lebaran yang sering menjadi keluahan selain berat badan naik yaitu dompet sudah mulai menipis, setuju? Dompet mulai menipis setelah libur lebaran menjadi hal yang sudah terprediksi jika kamu tidak bijak mengelola uang THR. Memang tidak dipungkiri jika banyak pengeluaran yang dihabiskan selama libur lebaran, mulai dari membeli kebutuhan Hari Raya Idul Fitri, membeli pakaian, tiket mudik, bagi-bagi THR untuk saudara, hingga pergi ke tempat wisata. Asal ikhlas semua jadi berkah. Tetapi jangan khawatir masih banyak jalan menuju Roma kalau kamu suka pepatah itu. Berapapun sisa uang yang ada di kantongmu sekarang, supaya tidak frustasi dan masih bisa hidup enak sampai akhir bulan nanti, yuk siasati dengan cara ini.

Atur ulang pengeluaran harian

Setelah pengeluaran ekstra kemarin, kali ini kamu perlu mengatur ulang pengeluaran yang kamu miliki saat ini agar tetap hidup sampai gajian datang lagi. Buat strategi baru! Prioritaskan kebutuhan yang paling utama, singkirkan hal-hal yang tidak penting seperti nonton bioskop, hangout bareng teman atau shopping. Kamu harus bisa memangkas pengeluaran itu demi penghematan, setelah finansial kamu kembali normal, bisa dipikirkan kembali deh hangout bareng temannya.

Makan hemat dan sehat

Saat lebaran banyak makanan yang tidak biasa dihidangkan di atas meja makan, pastinya kamu coba semua hidangan enak itu kan? Nah, karena sudah makan makanan yang berlemak dan bersantan itung-itung menghemat pengeluran, kamu ubah menu makanan berbahan dasar sayuran. Menu olahan sayur selain hemat juga sehat. Karena uang menipis, kamu harus mengurangi pengeluaran lain agar bisa bertahan hingga akhir bulan dan salah satu pengeluaran yang bisa disiasati adalah pengeluaran untuk makan.

Kurangi dana dalam bentuk tunai

Cara menyiasati lainnya adalah tidak membawa uang tunai dalam jumlah besar di dalam dompet, karena mainset yang terbentuk adalah ada uang di dompet berarti kita punya uang untuk membeli sesuatu. Jadi untuk menekan pengeluaran kamu bulan ini, bawalah uang secukupnya dan beralih ke e-paymant. Banyak diskon yang ditawarkan yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan lebih hemat lho.

Batasi penggunaan kartu kredit

Jika kamu tidak memiliki dana cukup hingga menunggu gaji bulan depan ini datang, kamu bisa menggunakan kartu kredit dengan catatan batasi pengeluarannya ya. Gunakan dengan bijak kartu kredit mu karena bulan depa ada tagihan lain selain tagihan kartu kredit yang harus kamu bayarkan.

Mencari usaha sampingan

Ini salah satu cara paling urgent jika kamu pantang dengan pinjam uang ke teman atau saudara. Kamu bisa mencari uang tambahan dengan usaha sampingan sebagai alternatif penambah pundi-pundi uang tabungan. Misalkan kamu punya oleh-oleh mudik yang berlebih, bisa kamu jajakan online lho dan kamu bisa dapat tambahan uang. Atau kamu bisa freelance sebagai penulis, kamu bisa ceritakan pengalaman kamu selama libur lebaran. Dan masih banyak lainnya, tapi pastikan kalau kamu menyukai jenis pekerjaan sampingan tersebut.

Biarpun uang kamu sudah menipis setelah libur lebaran, dengan cara siasiati seperti diatas di jamin kamu masih bisa bernapas hingga gajian tiba asalkan kamu bisa disiplin mengelola uang tersebut.

Tinggalkan Balasan