Demi Masa Depan Cerah! Prinsip Keuangan Untuk Millennial

unsplash.com/millennial

Pasti kamu masih ingat pribahasa “Rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya”. Bukan berarti ‘hemat pangkal kaya’ kamu harus pelit lho, maksud dari pribahasa itu mengajarkan kita bahwa semakin kita bisa mengelola keuangan, semakin tertata baik kehidupan kita, gitu. Apalagi generasi sekarang, tidak ragu untuk menghabiskan uang demi mengikuti lifestyle serta rentan terhadap godaan untuk melakukan pemborosan. Meski begitu, kamu juga harus lho memiliki tujuan keuangan kamu seperti memiliki rumah, kendaraan pribadi, investasi dan lain sebagainya. Kamu harus paham cara mengatur keuangan dan mempersiapkan dari sekarang masa depan yang kamu idamkan. Nah untuk itu, ada beberapa prinsip yang bisa di praktikan untuk kelola keuangan kamu.

Bijak dalam gaya hidup

unsplash.com/working

Hal yang paling penting jika kamu mau masa depan lebih baik yaitu kamu tidak boleh gengsi. Bijak dalam bergaya hidup artinya hiduplah sederhana, hidup dibawah kemampuan kamu. Jangan membandingkan kehidupan orang lain dengan kehidupanmu, hal itu membuat kamu boros karena ingin sama seperti mereka. Ingat, jalan setiap orang mencapai kesuksesan berbeda-beda.

Buat anggaran pengeluaran bulanan

unsplash.com/working

Banyak generasi millennial jarang untuk membuat anggran seperti ini, alasannya tidak tahu apa yang harus dianggarkan, padahal menganggarkan pengeluaran tiap bulan itu penting lho. Lewat perencanaan di awal ini bisa membantumu untuk mengurangi pengeluaran yang sia-sia. Dan tidak panik jika terjadi pengeluaran darurat yang harus kamu keluarkan.

Hindari hutang tetapi jika butuh hutang, gunakan untuk hal yang produktif

unsplash.com/saving

Hutang menjadi satu akibat yang ditimbulkan karena konsumerisme yang dilakukan millennial. Jumlah pendapatan yang tidak sebanding, serta kebutuhan gaya hidup menjadi faktor pendorong yang kuat. Kamu boleh saja berhutang tetapi dengan syarat gunakan hutang itu untuk hal yang produktif, misalnya untuk keperluan usaha dan barang kebutuhan pokok tahan lama yang dibutuhkan kegiatan sehari-hari.

Tingkatkan tabungan

unsplash.com/savingmoney

Menabung memang menjadi hal yang wajib buat kamu generasi millennial pasalnya, dengan menabung kamu tidak hanya menimbun uang kamu melainkan menjadi investasi masa depan juga bisa menjadi dana darurat ketika kamu melalui masa ekonomi yang sulit. Semakin banyak kamu menabung, semakin aman keuangan kamu di masa depan.


Mulai investasi 20% dari penghasilan

unsplash.com/grow

Sudah banyak kaum millennial berpikir untuk berinvestasi, sekarang banyak jenis investasi yang ditawarkan mulai dari investasi dengan nominal yang kecil dan investasi sesuai dengan kondisi keuangan kamu. Pahami kembali konsep pembagian 50:30:20, 50% untuk kebutuhan prioritas atau kebutuhan dasar tiap bulan, 30% untuk reward diri kamu dan 20% untuk tabungan (Investasi, Asuransi, emergency fund). Dengan investasi, dana yang mereka simpan akan meningkat setiap tahunnnya jadi bisa membuat masa depan kamu lebih cerah.

Meskipun kamu masih muda dan sedang menikmati hidup, tidak ada salahnya untuk menerapkan beberapa prinsip yan sudah di jelaskan tersebut. Sebisa mungkin jika ada kesempatan untuk berhemat maka lakukan lah. Jangan mudah untuk menghambur-hamburkan uang lebih baik digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat.

Tinggalkan Balasan