Menjadi Mandiri Secara Finansial? Kenapa Tidak. Langkah Mudah Supaya Dapat Mandiri Secara Finasial

Menjadi mandiri secara finansial adalah tujuan dari semua pekerja yang harus tercapai, terlepas dari jenis kelamin atau gaya hidup yang dijalani. Sebenarnya orang yang dapat dikatakan mandiri secara finansial itu seperti apa dan adakah batasan umur untuk mencapai mandiri secara finansial? Pertanyaan tersebut sering kali kita dengan mengenai bahasan ini. Kamu sudah paham belum tentang mandiri secara finansial? Singkat cerita arti mandiri secara finansial di sini adalah mampu membiayai segala keperluan diri dan tidak lagi meminta bantuan dana dari orang tua, bukan definisi baku ya, yang pasti kamu punya pengertian sediri tentang mandiri finansial. Dapat dikatakan mandiri secara finansial itu berarti orang yang sudah bekerja dan mendapatkan penghasilan sendiri walaupun kamu masih kuliah, jika kamu memiliki usaha dan bisa membiayai hidup kamu sendiri berarti dapat dikatakan kamu sudah mandiri secara finansial.

Menjadi mandiri secara finansial membutuhkan proses. Membayangkan proses itu pasti ada perjuangannya, yang harus kamu tahu bahwa proses memang tidak mudah tetapi ketidaktahuan adalah yang mempersulit kamu ke level mandiri finansial. Dengan ketidaktahuan ini membuat kamu tidak fokus dan akhirnya melakukan hal-hal yang kamu anggap penting padahal belum tepat.

Lalu, bagaimana langkah mudah untuk dapat mendiri secara finansial? Berikut ini yang harus kamu dipahami

Mencukupi biaya diri sendiri

Cukupilah diri kamu sendiri dengan penghasilan yang kamu miliki, jangan sampai terjebak dengan gaya hidup yang mahal. Boleh saja memberi penghargaan pada diri tetapi ada batasannya, refleksikan penghasilan yang sesuai kamu dapatkan dan jangan sampai memaksakan diri.

 Membuat anggaran secara bijak

Kamu sudah bekerja dan ingin mencapai level mandiri secara finansial, kamu harus terbiasa dengan membuat anggaran keuangan. kamu dapat memilah kebutuhan yang menjadi prioritas atau kebutuhan yang hanya penunjang. Buatlah alternatif jika terjadi kebutuhan yang tidak disangka.

Dapat memanfaatkan kartu kredit

Kartu kredit dapat memudahkan kamu dalam transaksi apapun mulai dari hotel, paket liburan, kebutuhan rumah tangga, elektronik hingga pembayaran tagihan, tetapi jangan sampai kamu terjebak dalam daya tarik kartu kredit itu sendiri. Pergunakan sesuai dengan kebutuhan kamu dan kamu juga pasti paham kan tentang kartu kredit, pembayaran yang tertunda dan harus dilunasi.

Memiliki dana darurat

Untuk menjadi mandiri secara finansial kamu wajib banget punya tabungan dan memiliki dana darurat. Kok sudah nabung masih harus punya dana darurat? Harus kamu tahu, dana ini dipergunakan jika terjadi sesuatu sama diri kita sendiri misalnya sakit, terjadi kecelakaan dan harus membayar ganti rugi atau apapun yang sifatnya darurat. Dengan memiliki dana darurat kamu tidak harus meminta bantuan berupa uang lagi pada orang tua.

Selalu ingat akan masa depan

Orang yang punya cita-cita mandiri secara finansial tidak akan menyia-nyiakan uangnya dengan mudah, apalagi untuk hal-hal yang sebenarnya tidak penting. Sebelum memutuskan ingat lagi kehidupan seperti apa yang kamu sudah rencanakan di masa mendatang. Uang lebih yang didapatkan bisa putar dengan cara ikut berinvestasi yang akan mendapatkan keuntungan dimasa depan.

Kalau kamu sudah melakukan langkah mudah diatas berarti kamu sudah mulai bisa disebut mandiri dalam finansial tetapi jika masih ada yang dirasa sulit, mungkin ada kendala dari segi perencanaan keuangan yang belum tepat. Seberapa cepatnya tujuan itu tercapai dikembalikan lagi aja ke diri masing-masing. Seberapa kuatkah komitmen dan disiplin kamu. Semangat!

Tinggalkan Balasan