Hindari 5 Kesalahan Ini Dalam Mengatur Keuangan

Banyak orang beranggapan kalau gaji bulanan hanya numpang lewat alias habis begitu saja, ada lagi yang bilang bahwa seberapa pun gaji pasti tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan. Ada banyak orang dengan gaji yang sedikit tetapi mereka bisa memenuhi kebutuhan hingga berivestasi, yang bergaji tinggi pun banyak yang belum bisa berinvestasi apalagi menabung. Bukan besar kecilnya gaji yang kamu dapat melaikan masalah tentang seberapa terampilnya kamu dalam mengelola keuangan.

Bisa kita tarik kesimpulan dari masalah diatas bahwa mereka yang beranggapan seperti itu berarti belum bisa dan masih melakukan kesalahan dalam mengatur keuangan. Akibatnya gaji selalu habis sebelum tanggal gajian tiba, dan biasanya untuk menutupi kekurangan tersebut kamu harus gunakan dana darurat atau pinjam kanan kiri, apakah itu benar? Mungkin ada beberapa hal yang selalu kamu lakukan dan ternyata hal ini adalah kesalahan dalam mengatur keuangan.

Tidak memiliki daftar anggaran

Biarpun kamu baru gajian, tidak seenaknya menikmati hasil kerja keras kamu satu bulan lho SobatPD. Jika kamu masih memiliki prinsip “You Only Life Once” kamu belum dewasa menyikapi keuangan kamu. Buatlah daftar anggaran yang harus dipenuhi karena daftar anggaran ini membantu sekali untuk kamu supaya di akhir bulan tidak gigit jari meratapi sisa-sisa uang gajian.

Menabung di akhir bulan

Kesalahan selanjutnya yang suka kamu lakukan adalah menabung di akhir bulan. Siapa diantara kamu yang masih nabung model seperti ini? Segera STOP melakukan kesalahan ini ya, prioritaskan menabung SobatPD. Sisihkan 10% dari gaji kamu untuk menabung karena tabungan ini bisa menolong kamu jika ada kebutuhan darurat yang harus dipenuhi.

Pengeluaran tidak penting

Kamu sudah bisa mengatur keuangan tetapi masih saja gaji habis sebelum akhir bulan? Coba cek daftar anggaran kamu, masih ada atau tidak hal-hal yang tidak penting tetapi menjadi penting contohnya anggaran Tv kabel paket paling mahal, buat apa? kamu bisa downgrate paket dan alihkan biaya itu ke kebutuhan yang lebih penting.

Gaya hidup tinggi alias gengsi

Masih banyak anak zaman sekarang yang mengenyampingkan kebutuhan pokoknya, mereka menuruti egonya untuk memenuhi keinginannya. Tidak memperdulikan seberapa besar gaji yang didapat, yang mereka pedulikan adalah gaya hidup tinggi alais gengsi. Batasi gaya hidup seperti ini, boleh lah sesekali tetapi tidak untuk setaip hari.

Tidak memprioritaskan kebutuhan

Karena terlalu senang dengan life style yang kekinian jadi lupa bahkan hingga mengabaikan kebutuhan yang lebih penting daripada gaya hidup. Tidak heran kalau banyak orang yang bisa gonta ganti mobil tetapi abai dengan kebutuhan tempat tinggal.

Sudah paham SobatPD kesalahan yang kamu lakukan dalam mengelola keuangan? Supaya tidak terulang dan masih bisa menikmati sisa gaji di akhir bulan, kamu butuh evaluasi keuangan kamu. Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan