7 Cara Ampuh Untuk Mandapatkan Penghasilan Tambahan, Ikuti Yang Kamu Suka

Tidak menutup kemungkinan jika gaji bulan yang didapatkan tidak bisa menutupi semua kebutuhan di akhir bulan, salah satu faktornya adalah gaya hidup yang menggerogoti sedikit demi sedikit anggaran yang sudah kamu buat. Untuk menutupi gaya hidup yang kurang bisa di kontrol, ada caranya nih SobatPD walaupun harus sedikit membagi waktu antara pekerjaan utama dengan hal yang bisa menambah uang jajan kamu. Berikut ini cara ampuh untuk mendapatkan penghasilan tambahan, pilih cara yang kamu suka.

  1. Jual barang yang tidak terpakai

Ide mandapatkan penghasilan tambahan paling mudah adalah menjual barang yang sudah tidak terpakai tapi dengan syarat yang masih layak pakai yaa. Dan satu lagi, kamu gak usah malu untuk menjual barang bekas layak, banyak banget selebriti yang merintis bisnis seperti ini lho. Kamu bisa bikin akun sosial media, situs jual beli barang atau kamu buka Garage Sale di halaman rumah. Selain mendapatkan uang tambahan, cara ini juga memudahkan kamu mengatur barang-barang yang kamu punya.

2. Sewa kendaraan pribadi

Kamu punya kendaraan mobil atau motor yang hanya kamu panasin seminggu sekali? Daripada jadi pajangan dan menuhin garasi kamu, mending sewain aja biar ada uang jajan tambahan. Menyewakan kendaraan bisa menjadi pemasukan tambahan lho. Kendaraan dapat disewakan untuk keperluan pribadi atau disewakan untuk driver transportasi online maupun konvensional. Jangan asal meminjamkan ya, kamu harus selektif juga supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

3. Menjadi Freelancer

Kata siapa freelance gak ada bayarannya? Justru freelance adalah pekerjaan yang sangat fleksibel dan mudah mendapatkan uang. Kamu jago dalam hal menulis, editing dan menerjemah? Ada banyak sekali media online yang menyediakan lowongan untuk kamu yang suka hal tersebut. Tidak perlu datang ke kantor, kamu bisa kerja dari rumah. Pekerjaan sampingan sebagai freelancer juga bisa menambah portofolio dan kemampuanmu.

4. Menjadi guru les privat

Kamu pandai beberapa bahasa asing? Masih pandai dalam beberapa mata pelajaran sekolah? Atau jago main alat musik? Daripada ilmu kamu di pendam begitu saja, buka les privat yuk! Lumayan lho penghasilannya. Kamu bisa lakukan setelah kamu bekerja atau di weekend kamu, fleksibel banget deh. Kamu bisa menjadi guru les secara mandiri atau bergabung di situs-situs edukasi yang memasarkan jasa guru les secara online.

5. Jadikan hobi sebagai lahan tambahan rejeki

Ada yang bilang, “jadikanlah hobi sebagai penghasilan tambahan”. Setuju banget sama orang yang suka bilang kalimat itu. Dari hobi bisa jadi lahan rejeki lho SobatPD, gak percaya? Klik disini. Buat kamu yang kreatif, kamu bisa memanfaatkan sosial media untuk ajang pamer karya kamu disana. Yuk mulai dicoba.

6. Ikutan survei yang ada bayarannya

Hal yang bisa dilakukan ketika punya waktu luang dan bisa mendapatkan uang? Ini salah satunya, ikut survei yang ada bayarannya. Menjadi partisipan survei ternyata ada bayarannya lho, Ada banyak website yang membutuhkan jasa seperti ini, dan kamu bisa menemukannya dengan mudah di internet.

7. Membuka jasa penitipan hewan

Buat kamu pecinta hewan dan kamu juga seorang freelacer tepat banget kalau kamu buka jasa penitipan hewan. Banyak banget yang membutuhkan jasa titip hewan, apalagi disaat musim liburan tiba.  Kamu  bisa memanfaatkan momen tersebut dengan baik dan mendatangkan sejumlah penghasilan dari jasa tersebut. Agar banyak orang tahu bisnis sampingan kamu, kamu bisa iklankan di sosial media.  

Banyak sekali cara untuk kamu mendapatkan penghasilan tambahan gak harus kerja lembur SobatPD, banyak cara lain yang kamu sukai akan menjadi ladang tambahan penghasilan. Asalkan ada niat yang kuat untuk memperbaiki keuangan dan memenuhi kebutuhan. Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan