Alasan Klasik Kenapa Bisnis Kamu Gagal

Membangun sebuah bisnis memang tidak mudah, banyak pengorbanan dan hambatan yang dilalui. Ketika ingin mulai berbisnis banyak sekali yang harus kita persiapkan agar bisnis yang kita bangun tetap berjalan, seperti analisa pasar, kompetitor, harga pasaran, lokasi dan lain sebagainya. Bangun bisnis kamu sesuai tujuan karena pada prinsipnya berbisnis pasti ada pasang surutnya, bagaimana strategi yang kamu buat untuk bisnis kamu bisa bertahan. Momok yang sering terlintas bagi para entrepreneur adalah kegagalan, memang kita tidak dapat prediksi bisnis akan berhasil atau gagal, namun kita bisa evaluasi dan pelajari alasan klasik kenapa bisnis gagal. Apa saja alasannya?

  • Tidak fokus dengn bisnis yang di pilih

Karena sedang tren bisnis A, kamu beralih ke bisnis A. Bisnis yang kamu jalani sekarang kurang di prioritaskan. Ini mengapa banyak pebisnis gagal di tahun-tahun awal. Konsisten dalam berbisnis itu penting sekali dalam mendukung keberhasilan bisnis yang kamu jalani, boleh saja kamu mengembangkan yang sudah ada tetapi jangan keluar jalur dari tujuan bisnis kamu sekarang. Lebih baik memberikan banyak waktu untuk mendalami bisnis dari segala aspek yang berhubungan dengan bisnis yang sedang dijalani.

  • Perencanaan bisnis kurang matang

Menjadi pebisnis bukan ajang untuk coba-coba atau mencari keberuntungan semata, jika kamu berpikir berbisnis seperti itu dan tidak ada perencanaan yang matang, jangan menyesali jika modal yang kamu keluarkan hanya sia-sia. Sebelum kamu mulai, rencanakan dengan baik visi, sasaran, tujuan berbisnis yang ingin kamu bangun.

  • Tim yang tidak kompak

Hal ini sepele tetapi bisa mengagalkan bisnis kamu lho. Banyak yang bilang kalau “ide itu tidak ada apa-apanya jika eksekusinya tidak bagus”. Benar sekali pendapat ini karena sebagus apapun ide dan model bisnisnya, jika dikerjakan oleh orang yang kurang tepat maka hasilnya juga kurang maksimal. Disinilah bisnis harus memiliki tim yang kompak, yang bisa menerima masukkan ide atau saran untuk memajukan bisnis.

  • Kalah Saing

Di awal sudah dibahas sebelum membuat bisnis, kita harus analisis terlebih dahulu mulai dari analisa pasar, harga dan lain sebagainya. Tidak dapat dipungkiri jika kita berbisnis pesaing atau kompetitor tidak dapat dihindari, justru dengan adanya persaingan tersebut, tiap bisnis bisa terus berinovasi dan melakukan peningkatan kualitas. Tetapi jika produk yang kamu jual hanya sebatas betitu saja, tidak ada inovasi atau brending, maka tidak meutup kemungkinan bisnis kamu ditengah jalan akan gulung tikar. Kalah saing juga bisa terjadi karena kualitas produk yang buruk serta pelayanan ke konsumen yang kurang baik.

  • Mudah frustasi dan gampang menyerah

Seorang entrepreneur harus bermental baja, tidak boleh takut gagal. Jika gagal berusaha untuk mencari tahu kesalahan dan bangkit lagi. Semua bisnis pasti punya resiko, kamu harus berani untuk menghadapi masalah tersebut. Jika kamu takut maka masalah itu akan semakin besar, apalagi sampai menyerah bisa-bisa kompetitor mengambil pasar kamu dan menguasai produk bisnis yang sudah kamu jalani.

Sebelum memulai bisnis ada baiknya kamu perdalam terlebih dahulu bisnis yang ingin kamu geluti, berbisnis itu bukan sekedar coba-coba, fokuslah terhadap tujuan dari bisnis kamu. Bangunlah tim kerja yang baik supaya bisnis yang kamu jalani berhasil.

Tinggalkan Balasan