Sudah Kenal Tabungan Digital, Sekarang Kenali jenis Tabungannya

Zaman sekarang segala sesuatu ingin serba cepat dan mudah, tidak hanya itu kalau bisa semua bisa dilakukan hanya dengan touch in action terutama untuk anak milenial sekarang, kalau gak update tentang yang sedang Hype dibilangnya ketinggalan zaman. Apalagi masalah menabung, masih ada diantara kamu yang ingin transaksi atau transfer harus pergi dulu ke ATM? Waktu kamu banyak terbuang lho kalau masih melakukan transaksi menggunakan ATM. Sudah ada tabungan digital yang sama tujuannya dengan tabungan konvensional, bedanya adalah tabungan digital dilengkapi dengan beberapa layanan yang dapat diakses dengan mudah lewat smartphone.

Terus apa bedanya tabungan digital dengan mobile banking? Jelas saja berbeda. Mobile banking memungkinkan kamu bertransaksi seperti yang dilakukan melalui ATM, seperti transfer dana, pembayaran tagihan, pembelian voucher pulsa dan sejenisnya, sedangkan tabungan digital kamu bisa beraktivitas perbankan yang biasa dilakukan melalui kantor cabang pembantu, seperti membuka rekening baru, membuka akun deposito, investasi, mengisi e-wallet hingga pengelolaan keuangan kamu lewat smartphone.

Gimana cara buat tabungan digital? Mudah banget, gak jauh beda dengan buka tabungan konvensional. Akan tetapi, pengisian formulir pendaftaran dan syarat pendaftaran tabungan digital tidak perlu dilakukan di Bank. Kamu dapat mengisi semua formulir tersebut secara online.

Cara pengisian formulir tabungan digital, antara lain:

  • Buka alamat website dari Bank yang menyediakan layanan tabungan digital
  • Setelah itu, muncul pengisian formulir pendaftaran. Isilah seluruh kolom di formulir pendaftaran dengan benar
  • Selanjutnya, kamu perlu melampirkan bukti identitas diri agar proses pembuatan rekening disetujui oleh Bank. Adapun identitas yang dilampirkan, seperti KTP / SIM / Paspor, dan NPWP
  • Kirimkan formulir yang telah diisi tadi, tunggu beberapa saat sampai mendapat kode verifikasi dan nomor akun virtual
  • Masukkan kode verifikasi dan nomor akun virtual untuk mengisi jumlah setoran awal. Poin ini opsional saja, karena sebagian Bank tidak mengharuskan nasabahnya untuk mengisi rekening saldo tabungan awal secara online
  • Cek email yang digunakan pada proses pengisian formulir tadi. Apabila telah menerima notifikasi dari Bank yang bersangkutan, itu tandanya pembuatan rekening tabungan digital sukses. Untuk pengambilan ATM dan buku tabungan bisa langsung mendatangi kantor cabang Bank terdekat. Jika tidak punya banyak waktu, tunggu hingga Bank yang bersangkutan mengirimkan ke alamat tempat tinggal kamu.

Sudah mulai tertarik belum dengan tabungan digital? Ini ada beberapa tabungan digital yang bisa mejadi rekomendasi untuk kamu yang ingin beralih ke tabungan digital dengan fitur dan beberapa kelebihannya:

Jenius

Jenius merupakan tabungan digital yang berasal dari Bank BTPN. Kamu tidak perlu lagi datang ke bank, cukup dengan mengunduh aplikasi di Android maupun iOS saja dan mendaftar secara online atau bisa menemukan booth Jenius yang terdapat di beberapa pusat perbelanjaan besar untuk langsung mendaftarkan rekening. Di dalam Tabungan Jenius terdapat 3 pos berbeda yang bisa dipergunakan untuk mengatur uang kamu. Berikut diantaranya.

  • Pos utama, tempat dana utama yang bisa dipergunakan untuk bertransaksi misalnya untuk beli pulsa, bayar tagihan maupun transaksi online lainnya.
  • Pos Flexi Saver, disini kamu akan mendapatkan bunga kompetitif untun setiap dana yang disimpan didalamnya sebesar 5% per tahun.
  • Dan Pos Dream Saver yang berfungsi layaknya tabungan darurat yang bisa diisi secara otomatis atau auto debet dengan mengambil dana di pos utama sesuai keinginan.

Digibank

Digibank merupakan aplikasi yang diluncurkan bank DBS. Sama seperti Jenius, kamu dapat membuka akun rekening melalui aplikasi mobile. Cukup dengan e-KTP dan sidik jari  dan kunjungi agen di cabang DBS maupun di pusat perbelanjaan. Berikut beberapa fitur unggulan dari Digibank:

  • Kamu bebas dari biaya admin
  • Gratis biaya transfer antar bank
  • Kamu bisa menggunakan fasilitas tabungan dan deposito dengan bunga hingga 6,25 persen
  • Bunga tabungan 3 persen tanpa saldo minimum

Tabungan Wokee

Tabungan Digital yang satu ini adalah milik dari Bank Bukopin. Tabungan ini memiliki 2 tipe yaitu tipe registered dan unregistered. Untuk tipe registered anda bisa menyimpan di server Bank Bukopin sedangkan tipe unregistered seluruh transaksi dapat dilakukan melalaui e-wallet (dompet elektronik).

  • B-Wallet, fitur perbankan utama yaitu untuk menyimpan uang dan transaksi menggunakan uang elektronik.
  • Sub Account, rekening tabungan tambahan untuk tujuan finansial di masa depan.
  • Payment & Purchase, fitur pembayaran dan pembelian untuk kebutuhan sehari-hari.
  • Send Money, mudah transfer antar rekening Wokee, rekening bank Bukopin, serta rekening Bank lain.
  • Move Money, mudah memindahkan uang dari tabungan utama ke Sub-Account dan sebaliknya.

Sudah taukan apa itu tabungan digital dan jenisnya, daripada ribet harus bolak balik ke ATM lebih baik kamu beralih ke tabungan digital dan yang tidak kalah pentingnya, ada beberapa promo yang ditawarkan jika kamu memakai tabungan digital tersebut.

Tinggalkan Balasan