Kamu Masuk Dalam Jeratan Hutang Kredit Online? Jangan Khawatir, Ini Solusinya

Kamu pasti tahu tentang kredit online yang mulai banyak beritanya karena dianggap seperti digital rentenir. Baru-baru ini ada berita seorang supir taksi yang mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri karena beliau tidak sanggup bayar hutang kredit online tersebut. Dari kejadian, makin buruklah citra kredit online padahal tidak semua kredit online yang merugikan para peminjamnya atau debiturnya. Jika kamu terpaksa untuk meminjam uang di kredit online, pastikan kalau kamu mampu membayar dan konsekuen dengan syarat dan ketentuan yang telah dibuat di awal perjanjian. Jika kamu sudah terjerumus dalam jeratan hutang kredit online, ada beberapa solusi dari beberpa sumber yang bisa kamu lakukan.

  • Kesulitan bayar? Kamu berhak ajukan penjadwalan ulang dan restrukturisasi hutang
Alur restrukurisasi kredit online (moneysmart)

Kamu sudah menyetujui persyaratan dari kredit online dan kamu juga wajib tahu apa yang menjadi hak kamu sebagai debitur lho. Salah satu hak nya adalah kamu  bisa mengajukan penjadwalan ulang tentang pembayaran dan restrukturisasi jika kamu kesulitan untuk mencicil tagihan hutang kamu. Restrukturisasi adalah pembaruan perjanjian utang piutang antara peminjam (debitur) dan pemberi pinjaman (kreditur) karena adanya kesulitan keuangan yang dialami peminjam.

  • Merasa data diri kamu disebar, diancam, ditipu hingga difitnah segeralah lapor ke polisi

Dari kejadian yang dialami oleh supir taksi yang mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri karena tidak sanggup membayar tagihan kredit online, itu kejadian terburuk yang pernah terjadi karena kredit online. Kejadian itu jadikan pelajaran untuk kita semua, jika kamu diperlakukan tidak baik hingga adanya ancaman dari kredit online segeralah lapor ke polisi. Polisi pasti membantu kamu karena polisi tidak berhak menolak laporan korban sesuai dengan ketentuan yang telah diatur dalam Pasal 8 Ayat 1 yang termuat pada Peraturan Kapolri No. 12 Tahun 2009.

  • Terlanjur pinjam ke kredit online yang bodong dan merasa ada pelanggaran dalam penagihan, segera lapor ke OJK

Kalau memang harus meminjam uang di kredit online, pastikan perusahaan kredit online terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan cari tahu tips kalau kamu ingin pinjam di kredit online. Karena sudah menjadi kewajiab OJK melindungi kepentingan konsumen.

  • Terbukalah pada keluarga

Daripada kamu pusing sendiri mikirin hutang yang menumpuk dan makin bertambah karena menunda pembayaran, lebih baik kamu sharing dengan keluarga terdekat, minta bantuan pada mereka. Karena semakin kamu pendam sendiri, bisa-bisa kamu depresi dan melakukan hal yang tidak diduga. Keluarga akan membantu kamu untuk mencarikan solusi untuk melunasi hutang tersebut.

  • Evaluasi kondisi keuangan agar hutang terbayar

Karena hutang menyebabkan kondisi keuangan kamu carut-marut maka kamu wajib untuk evaluasi keuangan agar mengetahui letak kesalahan kenapa tidak bisa bayar hutang. Setelah mengetahuinya, mulailah berhemat dan mencari pemasukan lebih agar hutang terbayar dan kelolalah keuangan kamu dengan baik.

Itu tadi beberapa solusi yang bisa kamu terapkan jika kamu terjerat hutang kredit online. Sebisa mungkin jika ingin meminjam uang di kredit online, cari tahu dahulu reputasi perusahaan kredit online dan syarat serta ketentuan yang menjadi tanggung jawab sebagai peminjam. Jadilah peminjam yang bertanggung jawab dan cerdas, jangan sampai masalah terlilit hutang kredit online terulang kembali.

Tinggalkan Balasan