Sudah Atur Uang Tetapi Tetap Saja Boros? Ini Penyebabnya

Semua orang berniat untuk selalu melakukan hidup hemat supaya kebutuhan hidup dalam satu bulan tercukupi dan pastinya masih bisa menabung serta berinvestasi. Tetapi kenyataannya di zaman sekarang banyak orang yang mengeluh “kok uang cepet banget abis ya padahal masih tanggal segini?” keluhan seperti ini banyak dirasakan oleh kamu yang belum bisa mengelola keuangan dengan baik, tidak menutup kemungkinan kalau yang sudah paham mengelola gaji bulanan juga merasakan hal yang sama. Hal tersebut wajar dirasakan karena ada dua kemungkinan, pertama memang kamu belum bisa mengelola keuangan dengan baik dan yang kedua adalah gaya hidup atau kebiasaan yang tidak disadarai yang membuat kamu boros. Memang kebiasaan kecil itu jika dilakukan hanya beberapa kali tidak terasa namun kebiasaan ini menjadi gaya hidup kamu yang dilakukan secara rutin dan ini yang membuat uang kamu habis padahal tanggal gajian masih lama.

Kalau kamu tidak kurangi gaya hidup yang seperti itu, besar kemungkinan tabungan kamu kekuras untuk hal yang menjadi kebiasaan. Yuk pahami kebiasaan yang membuat gaji habis sebelum waktunya dan tidak ada lagi keluhan “sudah atur uang tetapi tetap saja boros?” ini penyebabnya

Kebiasaan minum kopi di Coffee shop

Siapa yang setiap hari mampir untuk membeli kopi di Coffee shop? Gak sadar kan bahwa kebiasaan ini yang membuat kamu boros. Walaupun kopi adalah kebutuhan untuk menunjang pekerjaan kamu alias moodbooster tetapi kebiasaan ini yang akan mengerogoti keuangan kamu. Bayangkan saja, kamu harus keluar uang sekitar Rp 15 ribu sampai Rp 50 ribu setiap harinya untuk secangkir kopi. Kalau kamu coba kalikan 7 hari dalam seminggu, sudah berapa uang kamu yang keluar untuk membeli secangkir kopi? Lumayan bukan hasilnya. Untuk menyiasati rutinitas beli kopi di Coffee shop kamu harus membiasakan diri untuk membuat kopi sendiri dikantor, pastinya akan lebih hemat.

Belanja dalam keadaan lapar

 Sebagian orang masih mengira kalau belanja dalam keadaan lapar tidak ada efeknya dalam segi pengeluaran, dilansir oleh thefrisky.com sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Minnesota ternyata menemukan bahwa berbelanja saat lapar bisa membuat kamu membeli barang-barang kurang penting yang memang tidak diperlukan. Ini tidak hanya berlaku untuk berbelanja bahan makanan saja, namun juga pada barang-barang yang lain. Orang yang lapar akan cenderung berbelanja lebih banyak item dibanding orang yang tidak lapar. Ada baiknya kamu makan dahulu sebelum kamu belanja ya supaya apa yang seharusnya tidak dibeli, tidak masuk dalam keranjang belanja kamu.

Selalu ada uang cash berlebih di dompet

“sedia payung sebelum hujan” pribahasa ini memang pantas diterapkan dalam keseharain apalagi membahas masalah keuangan. Boleh saja kamu sedia uang di dompet karena tidak semua transaksi bisa cashless tetapi jangan berlebihan juga simpan cash nya. Menyimpan cash di dompet terlalu banyak tidak disarankan untuk kamu yang belum bisa mengelola uang dengan baik karena ter-mainset oleh otak bahwa kamu memiliki cukup uang untuk membeli sesuatu diluar list. Berniat hanya nonton bioskop tetapi liat barang yang bagus pasti akan kamu beli karena berpikiran memiliki uang cash yang cukup, betul tidak?

Tergiur dengan promo/diskon

Boleh saja kamu belanja dengan promo/diskon tetapi harus sadar juga apakah yang kamu beli sangat dibutuhkan atau hanya tergiur harga murah tanpa memiliki manfaat untuk diri sendiri. Tergiur dengan promo/diskon ini juga menjadi salah satu kebiasaan yang tidak disadari yang membuat kamu boros apalagi ini hal ini sering dilakukan. Ada baiknya jika kamu ingin berhemat gunakan promo/diskon sesuai dengan kebutuhan baik itu promo makanan, minuman, promo belanja barang atau transportasi. Supaya lebih hemat sebelum kamu belanja promo/diskon yang dibutuhkan, bisa cek dulu nih ke Pestadiskon.com pusatnya promo e-payment. Dijamin yang kamu butuhkan pasti punya promo/diskon.

Asumsi “sudah atur uang tetapi tetap saja boros?” atau “kok uang cepet banget abis ya padahal masih tanggal segini?” bisa kamu hindari jika sadar bahwa gaya hidup yang kamu lakukan itu boros. Kelola lebih baik lagi perencanaan keuangan kamu. Jangan lupa sisihkan untuk menabung dan investasi, sisanya bisa kamu pakai untuk pengeluaran seperti hang out dengan teman. Me-manage keuangan sendiri itu menyenangkan lho.

Tinggalkan Balasan