Strategi Menghemat Uang yang Salah dan Bisa Menyakiti Diri Sendiri

Mulai membiasakan diri menghemat uang bisa menjadi cara yang bagus untuk mencapai kondisi keuangan yang lebih baik di masa depan. Hal yang menjadi permasalahan adalah banyak orang mencoba memangkas biaya yang sebenarnya berdampak buruk bagi kesejahteraan finansial di masa depan. Berikut ini 7 strategi menghemat uang yang bisa menjadi bumerang bagi diri sendiri :

1.Melewatkan Kuliah Karena Mahal Biayanya

Biaya kuliah mahal membuat banyak orang lebih memilih untuk melewatkannya untuk menghemat uang. Hal yang tidak disadari adalah gelar pendidikan yang didapatkan akan sangat berpengaruh jika kamu ingin berkarir di sebuah perusahaan nantinya.  Melewatkan kuliah artinya menghilangkan kesempatan untuk berkarir di sebuah perusahaan dengan gaji yang besar.

2.Tidak Mempersiapkan Dana Pensiun

Banyak orang tidak mempersiapkan dana pensiun karena berpikir bahwa mereka masih muda dan belum saatnya mempersiapkan hal tersebut. Padahal tidak mempersiapkan dana pensiun sejak muda akan membuat kamu kesulitan keuangan di masa tua karena tidak bisa lagi aktif bekerja.

3.Tidak Mau Berinvestasi Pada Diri Sendiri

Biaya pelatihan dan workshop yang di atas Rp 1 Juta bisa menjadi kesempatan untuk membantu mendapatkan pekerjaan yang lebih baik atau kesempatan mendapatkan promosi. Semakin banyak keterampilan yang dikuasai, maka akan semakin besar peluang kamu mendapatkan gaji yang lebih besar.

4.Menghemat Uang Untuk Berbelanja Barang

Jika kamu berhemat dan menabung hanya untuk mengeluarkannya dengan berbelanja, maka kebiasaan baik tersebut tidak akan berdampak pada masa depan keuangan. Menabung untuk membeli barang, seperti membeli ponsel baru, motor baru, atau pakaian adalah beberapa contoh barang yang akan mengalami penurunan nilai di masa depan.

5.Melewatkan Waktu Makan

Banyak orang berpikir bahwa melewatkan waktu makan bisa menghemat anggaran keuangan. Hal yang menjadi masalah adalah penghematan seperti ini akan berdampak pada berkurangnya produktivitas kerja dan pada akhirnya akan berdampak pada potensi penghasilan yang berkurang.

6.Makan Makanan Murah dan Tidak Berkualitas

Makan junk food, soda, keripik, mi instan, dan makanan cepat saji yang lain adalah kebiasaan buruk yang akan berdampak pada masalah kesehatan, kehilangan vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Jangan menjadikan alasan berhemat membuat kamu mengabaikan kesehatan tubuh.

Tinggalkan Balasan