Mau Sukses Membuat Anggaran Keuangan? Lakukan 5 Tahapan Berikut Ini

Membuat anggaran adalah salah satu prinsip penting dalam keuangan. Anggaran keuangan yang baik akan menentukan kondisi kehidupan kamu saat ini dan menentukan berapa banyak uang bisa dihemat untuk mendukung situasi keuangan di masa depan. Jika ingin berhasil dalam membuat anggaran, sebaiknya 5 langkah di bawah ini perlu dilakukan:

1.Anggarkan Biaya Hidup Pokok dan Menjadi Prioritas

Mulailah dengan membuat daftar semua pengeluaran bulanan yang penting dan pokok, seperti sewa rumah, biaya utilitas, bahan makanan, dan transportasi. Semua pengeluaran tersebut wajib dipenuhi dan tidak bisa dinegosiasikan.

2.Mulai Menghemat Sebagian Penghasilan Anda

Secara umum sebaiknya kamu menyisihkan sekitar 10% dari penghasilan untuk disimpan atau diinvestasikan. Jika memiliki tujuan keuangan yang lebih besar, misalnya ingin membeli rumah, mempersiapkan dana pendidikan anak, dan biaya menikah, maka harus mempersiapkan dana yang lebih besar dari itu.  

3.Mulai Merencanakan Pengurangan Jumlah Hutang

Utang dan kredit adalah salah satu aspek penting yang membuat tujuan keuangan di masa depan sulit tercapai. Jumlah utang yang ideal adalah sekitar 30% dari total penghasilan dan tidak bila lebih dari itu. Jika kamu memiliki utang yang sangat besar, maka mulai mempersiapkan rencana untuk mengurangi jumlah hutang tersebut.

4.Mengurangi Pengeluaran yang Tidak Perlu

Tidak semua pengeluaran setiap bulan harus dibayarkan, karena bisa memilih alternatif pengeluaran yang lebih rendah. Misalnya dengan memotong tagihan TV kabel yang jarang digunakan, layanan membership gym, dan langganan majalah.

5.Persiapkan Anggaran Untuk Pengeluaran yang Tidak Teratur

Setiap orang biasanya memiliki pengeluaran yang tidak teratur, misalnya pembayaran premi asuransi dan pajak kendaraan. Pengeluaran seperti ini bisa merusak anggaran dengan cepat, jika kamu tidak merencanakannya dengan baik. Mulailah membuat bantalan dana yang akan digunakan untuk membayar pengeluaran yang tidak teratur seperti ini. Cara terbaik untuk menghitung pengeluaran seperti ini adalah dengan mencari tahu pengeluaran total setiap tahun dan bagi dengan 12 bulan. Dengan demikian, mengetahui berapa jumlah yang harus disisihkan setiap bulan untuk pengeluaran tersebut.

Menerapkan kebiasaan anggaran yang baik akan membawa pada kondisi keuangan yang lebih baik di masa depan. Jika kamu belum menerapkannya, maka mulailah membiasakan diri membuat anggaran sejak saat ini.

Beberapa langkah di atas bisa sangat membantu kamu dalam membuat anggaran setiap bulannya dan mencegah pengeluaran yang tidak perlu. Kami berharap pembahasan di atas bisa membantu dalam mempersiapkan anggaran setiap bulannya. Ingat, kondisi keuangan yang baik di masa depan adalah cerminan terhadap apa yang  dilakukan dengan penghasilan saat ini.

Tinggalkan Balasan