Hei Kamu Lulusan Baru! Berikut Ini 5 Kesalahan Keuangan yang Sering Dilakukan

Pendidikan tentang keuangan sangat jarang didapatkan di sekolah formal. Padahal ilmu seperti ini sangat perlu dimiliki agar kamu bisa mengelola keuangan dengan baik. Ilmu tentang mengelola keuangan sangat penting dimiliki, khususnya untuk para lulusan baru yang baru saja bekerja.  Agar lebih bijak dalam mengelola keuangan, berikut ini 5 kesalahan keuangan yang umum dilakukan oleh para lulusan baru.

1.Tidak Menambah Pengetahuan

Kemampuan dalam mengelola uang akan sangat menentukan kehidupan di masa depan. Oleh karena itu, kamu harus aktif belajar tentang manajemen keuangan, mulai membangun rencana keuangan, dan paham terhadap konsep keuangan. Mulailah membuat tujuan keuangan dalam jangka pendek, menengah, dan jangka penjang. Pahami cara mengumpulkan dana darurat dan segera melunasi hutang yang dimiliki.

2.Jangan Tergoda Pada Gaya Hidup

Saat menerima gaji, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membayar semua kebutuhan pokok dan pengeluaran yang sifatnya penting. Jika semua hal tersebut sudah dialokasikan, maka barulah bisa mengalokasikan sebagian pengeluaran untuk gaya hidup.

3.Menunda Tabungan dan Tidak Mempersiapkan Dana Pensiun

Fakta yang harus dipahami dengan baik adalah kamu tidak bisa bekerja secara aktif seumur hidup. Oleh karena itu, penting untuk mulai mempersiapkan dana pensiun dan menabung untuk dana darurat mulai saat ini.

4.Mengabaikan Hutang dan Pinjaman

Hutang adalah kewajiban yang harus dibayarkan dan hal ini harus menjadi prioritas keuangan setiap bulan. Menunda pembayaran hutang artinya membuat jumlah hutang semakin besar karena beban bunga yang bisa memberatkan keuangan di masa depan. Jika tidak ingin membayar hutang, maka pertimbangkan dengan baik sebelum akan mengambil sejumlah hutang tertentu. Jika kamu termasuk orang yang sulit menahan hasrat belanja, maka disarankan untuk tidak memiliki kartu kredit. Kartu kredit akan membuat kamu semakin mudah untuk melakukan pembelian secara impulsif.

5.Mengajukan Kartu Kredit

Poin yang terakhir ini masih sangat berhubungan dengan pembahasan yang sebelumnya. Jika tidak bisa menggunakan kartu kredit dengan cerdas, lagi-lagi disarankan untuk tidak mengajukan kartu kredit terlebih dahulu. Namun, jika bisa mengendalikan diri saat memiliki kartu kredit, maka tidaklah masalah jika ingin mengajukan kartu kredit. Kartu kredit bermanfaat untuk membangun skor kredit yang menunjukkan kelayakan untuk mendapatkan pinjaman yang lain.

Jangan sampai 5 kesalahan di atas dilakukan saat baru pertama kali bekerja dan menerima gaji. Belajarlah cara mengelola penghasilan dan keuangan dengan baik. Membaca buku keuangan adalah salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan tentang pengelolaan keuangan atau kamu yang tidak suka membaca, mintalah saran dari teman yang pandai dalam mengelola keuangan. Cerdas dalam hal keuangan akan sangat membantu kondisi keuangan di masa depan.

Tinggalkan Balasan