4 Tanda yang Menunjukkan Bahwa Dana Darurat yang Dikumpulkan Terlalu Besar, Ayo Cek Segera!

Banyak pakar keuangan menyarankan untuk mempersiapkan dana darurat yang akan digunakan saat keadaan mendesak. Bantalan finansial ini bisa membantu kamu menutupi biaya hidup saat kehilangan pekerjaan atau keadaan tertentu yang tidak bisa dipenuhi dari penghasilan.

Jumlah ideal dana darurat yang harus dimiliki adalah sekitar 6 sampai 12 bulan pengeluaran pokok. Berikut ini 4 tanda yang menunjukkan bahwa kamu telah menyimpan dana darurat terlalu besar dan seharusnya dana tersebut bisa digunakan ke tempat lain.

1.Memiliki Dana Darurat Lebih Dari Cukup

Kehilangan pekerjaan adalah keadaan yang patut diwaspadai dan dana darurat bisa memberikan pertolongan saat kamu mengalami keadaan seperti ini. Untuk menghitung apakah dana darurat terlalu besar adalah dengan mencantumkan semua pengeluaran setiap bulan dan dikalikan dengan 6 atau 12 bulan. Jika memiliki lebih dari kebutuhan dana tersebut, itu artinya kamu telah berlebihan saat menyimpan dana darurat.

2.Tidak Bisa Berinvestasi dan Mempersiapkan Pensiun

Kebutuhan masa depan dan masa pensiun harus mulai dipersiapkan sejak saat ini. Investasi yang dilakukan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan di masa depan, misalnya dana menikah dan dana pendidikan anak. Sedangkan dana pensiun bermanfaat untuk kebutuhan dana saat kamu tidak lagi aktif bekerja.  Jika memiliki jumlah dana darurat yang berlebihan, maka sangat disarankan kamu untuk mulai memindahkannya ke tabungan pensiun atau investasi.

3.Kesulitan Membayar Hutang Kartu Kredit

Coba lihat berapa jumlah dana darurat yang dimiliki. Setiap uang tambahan yang ada di dalam dana darurat dan berlebihan bisa digunakan untuk membayar hutang kartu kredit lebih cepat.

4.Memiliki Penghasilan Ganda di Dalam Rumah Tangga

Jika kamu dan pasangan sama-sama bekerja, maka sangat besar kemungkinan tidak membutuhkan dana darurat yang terlalu besar. Saat kehilangan pekerjaan, rumah tangga masih bisa bertahan karena adanya penghasilan dari pasangan. Kamu tidak perlu mempersiapkan dana darurat lebih dari 6 bulan, saat memiliki pasangan yang sama-sama menghasilkan pendapatan.

4 tanda yang telah disebutkan diatas bahwa beberapa contoh kasus yang menunjukkan dana darurat yang dikumpulkan saat ini telah berlebihan. Jadi, uang tersebut bisa dialihkah untuk pengeluaran yang lain.  Misalnya untuk dana investasi, dana pensiun, atau yang lainnya. Jangan sampai rasa khawatir terhadap keadaan darurat membuat kamu berlebihan saat menyimpan dana darurat.

Tinggalkan Balasan