Teknik Menabung yang Efektif Dilakukan Oleh Siapa Saja, Tertarik Mencobanya?

Meskipun menabung terlihat seperti pekerjaan yang sederhana, nyatanya ada banyak orang yang kesulitan menyisihkan sebagian penghasilan mereka untuk ditabung. Agar menabung menjadi tugas yang lebih sederhana untuk dilakukan, ternyata kamu bisa menyesuaikan teknik menabung berdasarkan gaya hidup dan prefrensi.

Untuk kamu yang sedang berjuang menghemat uang dengan cara menabung. Silahkan mencoba 5 teknik menabung berikut ini yang paling sesuai dengan diri kamu.

1.Menggunakan Toples Untuk Menabung

Jika kamu belum memiliki banyak penghasilan yang didapatkan setiap bulan, maka tidak ada salahnya untuk menabung sejumlah uang di dalam toples terlebih dahulu. Sisihkan sejumlah uang tertentu ke dalam toples setiap minggunya. Setelah cukup banyak barulah bisa membawa uang tersebut ke bank untuk disetorkan ke tempat yang lebih aman.

2.Lakukan Transfer Tabungan Secara Manual

Melakukan transfer tabungan secara manual akan membuat kamu bersemangat untuk terus menabung karena melihat adanya kemajuan yang telah tercapai. Bahkan bisa sangat memotivasi diri untuk menabung lebih banyak uang dari sebelumnya.

3.Melakukan Transfer Otomatis

Jika kamu termasuk orang yang sering lalai setiap kali akan menabung, maka membuat transfer otomatis ke dalam rekening tabungan bisa menjadi solusi. Membuat transfer otomatis dari rekening gaji ke rekening tabungan membuat kamu tidak perlu berpikir untuk menyisihkan uang tertentu setiap bulan.

4.Perlakukan Tabungan Seperti Tagihan

Jika masih terasa sulit menyisihkan uang untuk menabung, maka mulailah memperlakukan tabungan seperti sebuah tagihan. Membuat tabungan seperti sebuah tagihan atau hutang membuat kebiasaan ini tidak bisa dinegosiasikan dan membantu menjadikannya prioritas. Tabungan akan menjadi hal yang harus dibayar setiap bulannya.

5.Tetapkan Tujuan Saat Menabung

Menabung bisa menjadi hal yang sangat membosankan bagi kamu yang tidak suka melakukannya. Oleh karena itu, perlu memiliki rencana khusus atau tujuan tertentu saat akan menabung sejumlah uang. Kamu bisa jauh lebih bersemangat untuk menabung, jika memiliki tujuan yang ditetapkan pada tabungan. Misalnya saja, menyisihkan sebesar Rp 200.000 setiap bulan dalam waktu setahun agar bisa mengganti smartphone baru. Menabung agar bisa menonton konser musisi favorit, menabung untuk dana berlibur bersama keluarga dan teman, dan lain sebagainya.

Temukan berbagai alasan yang bisa memotivasi untuk terus menyisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung. 5 cara yang disampaikan di atas akan membuat kebiasaan menabung menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Pilihlah metode atau teknik yang paling menarik dan sesuai dengan preferensi agar sukses saat menyisihkan uang.

Tinggalkan Balasan