4 Tantangan Keuangan yang Bisa Dilakukan Bersama Pasangan, Tertarik Mencoba?

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa uang adalah salah satu penyebab utama perceraian dan perselingkuhan menjadi faktor yang pertama. Studi tersebut menunjukkan bahwa cara kamu bersikap tentang uang, kebiasaan belanja, dan cara mengelola keuangan turut berperan terhadap kondisi keuangan saat ini dan masa depan.

Membuat tantangan keuangan bersama dengan pasangan adalah cara yang bisa dilakukan untuk mempererat hubungan. Berikut ini 4 tantangan keuangan yang harus dicoba oleh setiap pasangan agar bisa mengelola keuangan dengan lebih baik :

1.Anggap Kamu dan Pasangan Hanya Memiliki Satu Sumber Penghasilan

Tujuan dari tantangan ini adalah membuat kamu dan pasangan membayar tagihan dan biaya pokok rumah tangga serendah mungkin. Dengan menghabiskan satu sumber penghasilan, itu artinya kamu dan pasangan memiliki sumber penghasilan lain yang bisa dijadikan tabunga atau investasi.

2.Tantang Diri Kamu dan Pasangan Untuk Menggunakan Uang Tunai Saja

Tantangan seperti ini bisa menjadi sulit, jika kamu sering bergantung pada hutang kartu kredit. Selama tantangan ini berlangsung, kamu hanya diperbolehkan untuk menghabiskan uang tunai dan tidak boleh menggunakan kredit. Tujuan dari tantangan ini adalah agar kamu dan pasangan lebih memikirkan dengan bijak sebelum membeli sesuatu. Uang tunai akan membuat kamu terhindar dari pembelian yang berlebihan dan fokus membeli hal-hal yang dibutuhkan saja.

3.Tantangan 50 : 50

Tantangan ini pada intinya adalah mengajak kamu dan pasangan untuk berhemat dan mendapatkan lebih banyak penghasilan secara bersamaan. Misalnya saja, berhemat uang sekitar Rp 500.000, maka artinya kamu dan pasangan perlu mencari cara agar bisa mendapatkan tambahan penghasilan dengan jumlah yang sama.

4.Menghilangkan Pengeluaran yang Tidak Diperlukan

Tantangan yang terakhir ini cukup banyak dilakukan oleh masyarakat saat ini. Tujuan dari tantangan ini adalah menghilangkan pengeluaran yang tidak penting. Selama tantangan ini berlangsung, kamu harus menghentikan kebiasaan belanja yang berlebihan, seperti makan di luar, minum kopi di cafe, belanja pakaian, menonton bioskop, dan lain sebagainya. Tantang yang terakhir ini akan sangat membantu untuk menghemat anggaran dan memiliki lebih banyak dana yang tersedia untuk ditabung atau diinvestasikan.

Mana tantangan yang akan kamu lakukan?

Semua tantangan yang disampaikan di atas memiliki tujuan yang sama agar kamu dan pasangan bisa bekerja sama mengelola keuangan dengan lebih baik. Kerjasama dalam hal pengelolaan anggaran sangat diperlukan agar bisa mendapatkan hubungan yang harmonis. Kemampuan pengelolaan keuangan yang lebih baik akan membawa pada kondisi keuangan yang lebih baik di masa depan.

Tinggalkan Balasan