Transformasi Gaya Hidup Modern dari Uang Tunai Menuju ke Uang Elektronik, Apa Saja Plus Minusnya?

Uang elektronik atau lebih dikenal dengan e-money adalah bentuk uang modern dimana semua transaksi keuangan dilakukan secara elektronik. Tumpukan uang kertas digantikan oleh kartu pintar kecil atau bahkan smartphone yang tidak hanya memberi kita uang tetapi juga menyediakan banyak layanan.

Uang Tunai VS Uang Elektronik

Konsep e-money belum juga berumur satu decade, namun fleksibilitas dan keandalannya telah membuatnya menjadi makin populer. Teknologi digital telah merevolusi kehidupan manusia. Penggunaan internet membuka dimensi baru dalam merubah gaya hidup manusia di masa kini, termasuk dalam melakukan transaksi keuangan baik untuk urusan pembayaran sehari-hari maupun untuk transaksi bisnis.

E-money pada akhirnya berfungsi seperti uang kertas tanpa risiko dengan segala kenyamanan yang diberikan yang mungkin tidak bisa terjadi jika menggunakan uang tunai. Tidak seperti uang tunai, e-money dapat melakukan tranksaksi tanpa batasan jarak dan waktu antara dua pihak secara online. Transaksi elektronik bisa dalam berbagai bentuk dan model, mulai dari kartu pintar e-money Brizzi, T-Cash, truemoney, i-saku, maupun model klasik kartu kredit yang bisa digunakan tanpa perlu saldo di awal transaksi.

Sebagai gambaran, saat ini, 90% dari total transaksi keuangan di AS dilakukan melalui sistem pembayaran berbasis komputer. Fakta ini cukup untuk membuktikan semakin populernya e-money daripada uang tunai. Kemajuan di berbagai bidang teknologi telah membuat penggunaan uang elektronik makin popular dilakukan secara dengan berbagai keuntungan sebagai berikut:

  • Transaksi yang andal dan cepat dengan biaya rendah per transaksi.
  • Teknologi digital yang lebih baik dan ramah pengguna.
  • Sistem keamanan yang lebih baik untuk mencegah penipuan dan memastikan privasi terjaga.
  • Pengguna layaknya memiliki fasilitas perbankan 24 jam.
Mengapa orang makin banyak yang menggunakan uang elektronik?

Selain kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi, provider e-moey seringkali menawarkan banyak program promo dan diskon bagi penggunanya. Kita ambil saja beberapa contoh Promo Terbaru berikut ini:

  • Hangout Jadi Maksimal di Warunk Upnormal dari digibank periode 21 Sep – 31 Aug 2019
  • Cashback 10% for all F&B dari OVO periode 6 Nov – 23 Jan 2019
  • Bayar Tagihan Cashback Hingga 50% Pake TCASH periode 21 Dec – 10 Jan 2019
  • Promo Pertamina Surprise CASHBACK hingga 30% periode 15 Oct – 31 Jan 2019
  • Buy 1 Get 1 Kopiko 78’C Pake TCASH di Familymart periode 6 Dec – 31 Jan 2019

Berbagai promo diatas secara tidak langsung akan menggiring masyarakat untuk makin terbiasa dan bahkan makin tergantung menggunakan uang elektonik untuk kedepannya.

Apa sajakah yang perlu diperhatikan saat melakukan transaksi keuangan dengan e-money?

Walaupun aman dan nyaman, e-money tidak bebas sepenuhnya dari resiko fraud atau tindakan kriminal lainnya. Karena semua detail kamu dibuat secara online, beberapa penyusup dalam hal ini lebih dikenal sebagai hacker selalu mencari celah keamanan bagi pengguna transaksi digital yang ceroboh alias tidak mengikuti prosedur kemanan yang diberikan oleh provider e-money tersebut. Masalah paling sepele yang kadang sering dilupakan adalah penggunaan pin atau password yang terlalu simple, sederhana dan jarang diganti sehingga memudahka hacker untuk melakukan tindakan fraud memanfaatkan celah tersebut.

Karena transaksi e-money bisa berlangsung dalam skala global, maka beberapa isu berikut ini perlu menjadi perhatian bersama, baik oleh pengguna transaksi maupun penyelenggara (provider) e-money itu sendiri:

  • Masalah keamanan data dan ancaman penipuan
  • Ancaman terhadap resiko tersebarnya privasi informasi pribadi kepada pihak lain

Apapun kondisinya, saat ini transaksi dengan menggunakan uang elektronik sudah menjadi kebutuhan dan gaya hidup masa kini. Semakin banyak orang menggunakan layanan pembayaran elektronik ini karena mereka dapat mempermudah transfer uang dan melakukan transaski bisnis lebih mudah dan nyaman. Tinggal pemahaman mengenai prosedur kemanan yang perlu ditingkatkan oleh pengguna seiring berjalannya waktu.

Tinggalkan Balasan