4 Investasi Terbaik Untuk Dilakukan Di Awal Tahun 2019

Memasuki awal tahun 2019, banyak orang orang terlena untuk membuat sebuah resolusi keuangan. Padahal di awal tahun tersebut mungkin kamu baru saja mendapat kenaikan gaji atau mungkin bonus akhir tahun. Euforia awal tahun sering membuat orang tidak sadar telah membakar uang akibat tidak punya perencanaan keuangan yang baik. Salah satu bagian penting dari resolusi awal tahun adalah membuat rencana investasi agar uang kamu bisa berkembang. Masalahnya adalah, kamu tidak tahu dimana harus menginvestasikan uang tunai dan bagaimana caranya meskipun kamu mengetahui banyak sekali opsi investasi yang tersedia.

Di dunia investasi, ini disebut “lumpuh oleh analisis.” kamu menghabiskan begitu banyak waktu menganalisis pilihan sehingga akhirnya menundanya dan tidak pernah berinvestasi sama sekali. Dan pada akhirnya, uang tunai tambahan yang kamu sisihkan dikonsumsi oleh tagihan atau pengeluaran yang tak terduga. Dengan kata lain kehidupan kamu telah membakar masa depan yang tanpa rencana.

4 Investasi Yang Harus Anda Mulai di Awal Tahun 2019

Jika ingin memastikan uang tunai ekstra tidak hilang, kamu harus segera berinvestasi. Sejumlah analisis dan pertimbangan perlu untuk dilakukan, tetapi kamu masih harus bertindak cepat, karena dalam investasi timer horizon (waktu investasi) paling menentukan keberhasilan investasi. Dengan pemikiran itu, ada  empat cara terbaik untuk menginvestasikan kelebihan dana pada awal tahun 2019 ini.

1: Pasar Saham

Sebagian besar prang awam melihat investasi pasar modal begitu menyeramkan, baik dari nominal dana yang dibutuhkan dan juga resiko rugi yang siap menerkam. Padahal, saat ini kamu bisa mulai menginvestasikan sejumlah kecil uang di pasar modal. Bahkan bisa dimulai dari Rp.100.000 dan jika dilakukan rutin, kamu telah menggunakan metode yang disebut “dolar cost average”, salah satu strategi investasi paling aman dan relatif menguntungkan.

Penasihat keuangan Colorado David Henderson dilansir dari Jenkins Wealth menjelaskan bagaimana strategi ini bekerja: “Ketika pasar tinggi, Anda membeli lebih sedikit saham dan ketika pasar rendah Anda membeli lebih banyak saham,”. Ini berarti, seiring waktu, kamu akan memiliki harga rata-rata saham yang lebih rendah menggunakan metode ini. Jelas, mudah untuk melihat mengapa ini akan bermanfaat.

2: Platform investasi Peer-to-Peer lnding

Tempat kedua untuk menyimpan sebagian kelebihan uang tahun ini adalah di platform pinjaman peer-to-peer seperti misalnya amartha.com, uangteman.com dan sebagainya. Kamu dapat meminjamkan uang kepada individu atau pengusaha UMKM dengan imbal balik yang menarik seolah-olah kamu adalah bank. Kabar baiknya adalah, kamu bisa mendapatkan tingkat pengembalian yang lumayan – biasanya di atas 15% per tahun.

3: Investasi properti

Selain pasar saham dan situs web pinjaman peer-to-peer, strategi investasi ketiga yang perlu dipertimbangkan tahun ini adalah real estat. Jumlah lahan yang terbatas sementara jumlah penduduk yang makin membesar membuat harga property selalu naik. Masalahnya, investasi ini butuh modal besar dan seringkali tidak semua orang cocok menjadi tuan tanah.

Untungnya, ada banyak cara untuk berinvestasi di properti tanpa perlu berurusan dengan properti secara fisik. Satu opsi untuk dipertimbangkan adalah berinvestasi dalam nota real estat. Model ini biasanya ditawarkan dalam bentuk investasi kondotel dan sebagainya. Atau bisa juga pihak pengelola akan membeli sekumpulan properti real estat, dan kemudian investor akan menginvestasikan uang ke dalam proyeknya.

Dari sana, akan mengelola properti dan membayar dividen atau bunga dari uang hasil properti tersebut. Ini merupakan cara yang menarik untuk menginvestasikan uang tanpa harus menjadi tuan tanah atau berurusan dengan penyewa.

4: Investasikan pada peningkatan ketrampilan dan pengetahuan

Opsi investasi terakhir ini mungkin kedengarannya murahan, tetapi ini adalah salah satu investasi terbaik yang dapat dilakukan siapa pun. Dengan berinvestasi pada diri sendiri, kamu meningkatkan aset terbesar yang pernah  dimiliki.

Percaya atau tidak, ada banyak cara untuk berinvestasi dalam diri Anda yang tidak memerlukan biaya banyak alias uang tunai sama sekali. Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan diri kamu bahkan bisa gratis jika rutin belajar melalui dunia maya dimana banyak media pembelajaran disana, baik melalui web site, media sosial maupun melalui komunitas yang sejenisnya.

Tinggalkan Balasan