Mengenal Pembayaran Elektronik, Cara Aman Transaksi Tanpa Takut Kehilangan Privasi

Selama ini ada semacam kekhawatiran dari sebagian orang saat harus memberikan detail kartu kredit atau debit secara online untuk tujuan transaksi. Kini kekhawatiran itu bisa saja mulai sirna. Ada opsi lain transaksi pembayaran elektronik dengan membuka akun e-money dari perusahaan pembayaran seperti PayPal atau Google Checkout. Namun demikian, bagi yang masih awam, ada beberapa hal yang berkecamuk di kepala dan ingin mereka ketahui, diantaranya adalah:

  • Apa yang ditawarkan perusahaan pembayaran elektronik dan cara menggunakannya dan berapa biayanya?
  • Apa saja kekurangannya?
  • Mengapa orang menggunakan perusahaan pembayaran elektronik?
  • Apa yang harus dilakukan jika ada masalah dengan pembayaran atau pembelian?

Pembayaran online, cara aman melakukan pembayaran tanpa khawatir kehilangan privacy

Akun pembayaran elektronik menyediakan cara lain untuk mengirim dan menerima uang secara online. Kini semakin banyak orang menggunakan jasa perusahaan penyedia layanan pembayaran elektronik karena mereka dapat mempermudah transfer uang dan melakukan pembelian secara online. Dan itu juga berarti kamu tidak perlu membagikan detail kartu kredit atau debit yang selama ini menjadi kekhawatiran.

Bagaimana cara kerja akun pembayaran elektronik tersebut?

Menggunakan perusahaan pembayaran elektronik berarti kamu tidak perlu memberikan rincian kartu kredit atau debit kamu saat berbelanja online. Ini mengurangi risiko penipuan. Ada dua cara utama agar akun pembayaran elektronik bekerja dengan baik, yaitu.

  1. Bayar uang ke akun e-money kamu menggunakan kartu pembayaran. Ketika berbelanja online, uang itu dikurangkan dari saldo atau jika menjual barang-barang, itu ditambahkan ke saldo kamu, atau
  2. Tautkan akun e-money ke kartu pembayaran kamu. Tidak ada uang aktual di akun. Saat kamu membeli secara online, perusahaan pembayaran elektronik menagih uang ke kartu kamu – atau membayarnya ke kartu kamu, jika menjual barang.

Cara memilih perusahaan pembayaran elektronik khususnya untuk transaksi global antar negara

Dalam bisnis era digital ini, transaksi antar Negara sudah menjadi kebutuhan utama bagi pelakunya. kamu juga harus paham beberapa metode transaksi global tersebut. Jika masih pemula, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah memilih perusahaan pembayaran elektronik mana yang akan digunakan. Pilihan populer termasuk PayPal dan Google Checkout bisa jadi masuk dalam urutan teratas. Setelah memilih perusahaan, sebagian besar akan diminta untuk:

  • Siapkan akun – daftarkan detail akun kamu dan ikuti instruksi.
  • Hubungkan kartu bank – masukkan detail kartu kredit atau debit.
  • Setelah mendaftar, kamu akan dapat membayar pembelian menggunakan detail akun baru tersebut.

Berapakah biayanya?

Membuka akun pembayaran elektronik diatas ataupun melakukan transaksi jual beli biasanya gratis. Perusahaan-perusahaan ini menghasilkan uang dengan menagih ke provider pembayaran elektronik. Kamu mungkin dikenakan biaya untuk melakukan atau menerima pembayaran dalam mata uang asing, atau jika menghabiskan lebih banyak uang daripada yang kamu miliki.

Mengapa makin banyak orang menggunakan jasa perusahaan pembayaran elektronik?

Dalam kondisi perdagagan global seperti saat ini, segala penawaran yang memudahkan transaksi bisnis tentu saja makin banyak penggunanya. Berikut ini beberapa kelebihan menggunakan transaksi pembayaran elektronik yang perlu kamu ketahui:

  • Aman – Anda tidak perlu memberikan detail kartu.
  • Cepat – cukup ketikkan kata sandi.
  • Biasanya gratis – tidak ada biaya untuk membayar atau mengatur akun.

Apa yang harus dilakukan jika ada masalah dengan pembayaran atau pembelian?

Jika memiliki masalah dengan pembelian kamu, hal pertama yang harus dilakukan adalah berkonsultasi dengan provider pembayaran elektronik tersebut dan mencoba untuk menyelesaikannya.

Tinggalkan Balasan