QR Payment yang Mulai Mendominasi Transaksi

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan QR Code, tapi kamu tahu tidak arti dari QR itu sendiri. QR code adalah Quick Response Code yaitu pengembangan bentuk kode bantang (barcode) yang berubah seperti pecahan pixel. Perkembangan ini dibuat karena penggunaan Barcode dinilai sangat lambat dalam bertransaksi dan tidak banyak informasi yang dapat disimpan. Saat ini kamu juga sudah tidak asing lagi kan menggunakan QR Payment untuk bertransaksi? Atau dengan kata lain pembayaran dengan memindai QR Code, sistem pembayaran seperti ini sudah menjadi sarana transaksi yang efektif dan sangat mendukung untuk Cashless Sociaty walaupun sebenarnya masih banyak warga Indonesia yang setia dengan pembayaran tunai.

Kenapa sih QR Payment mulai mendominasi transaksi? Hampir semua Bank, Start Up, Marketpalce dan Fintech (Financial Technology) mengeluarkan produk aplikasi yang berbasis QR Code alasannya adalah selain ingin menerapkan Cashless Sociaty, pembayaran menggunakan QR Payment juga mempermudah dalam bertransaksi. Customer hanya bermodalkan smartphone yang sudah terinstal aplikasi yang mendukung pembayaran melalui QR Code, scan QR Code tersebut dan bisa langsung transaksi. Tidak butuh lagi kartu yang harus digesekkan ke mesin EDC. Karena dalam QR Code berisi informasi yang secara cepat direspons oleh aplikasi pemindai di smartphone. Mudah, menghemat waktu dan tidak harus lagi membawa uang banyak dalam dompet. Sistem QR Payment ini sudah banyak digunakan untuk pembayaran merchant dan aplikasi uang elektronik.

Sudah banyak negara tetangga yang menerapkan pembayaran QR Payment contohnya Singapura, ada beberapa bank Singapura yang sudah menerapkan QR Payment diantaranya DBS Bank, HSBC, UOB, OCBC, Citibank, Standard Chartered Bank, dan Maybank. Mereka bekerjasama dengan NETS QR (Network for Electronic Transfer Singapore). Bank di Indonesia juga sudah menggunakan QR Payment lho, contohnya Bank BCA sudah mendapatkan izin untuk kegiatan transaksi seperti transfer dana menggunakan QR Code. Fitur baru  itu bernama QRku yang bisa kamu pakai di versi BCA Mobile maupun Sakuku. Selain itu Bank BNI juga meluncurkan aplikasi yang bernama YAP yang menggunakan QR Payment sebagai alat transaksi. Paling bayak yang menggunakan transaksi QR Payment adalah aplikasi uang elektronik seperti GOPAY dari GOJEK, Sakuku, T-Cash, JD.ID, LAZADAdan masih banyak lainnya.

Karena kita sudah familiar dengan transaksi menggunakan QR Payment jadi banyak sekali kemudahan yang kita dapat. Misalkan transaksi apapun hanya butuh smartphone yang pastinya terinstal aplikasi uang elektronik, pindai QR Code kemudian transaksi berhasil. Dengan teknologi QR Payment semua transaksi menjadi mudah dan cepat. Tidak perlu khawatir lagi ketinggalan dompet asalkan smartphone masih dalam genggaman semua aman. Selain itu, transaksi menggunakan QR Payment kamu juga bisa mendapatkan banyak promo-promo menarik dari merchant, potongan harga yang cukup besar, menawarkan undian atau kupon dengan berbagai hadiah. Maka dari itu QR Payment mulai mendominasi transaksi karena banyak menawarkan kemudahan dan efisiensi.

Tinggalkan Balasan