Mau Berinvestasi, Yuk Kenali Jenis-Jenis Investasi


Sudahkah kamu berpikir untuk mulai berinvestasi? Atau kamu belum mulai berinvestasi karena mulai berinvestasi itu harus memiliki uang yang banyak? Kalau dipikiran kamu masih ada pertanyaan tersebut berarti kamu belum paham tentang berinvestasi. Investasi itu ibarat menabung dalam jangka waktu tertentu untuk memperoleh keuntungan di masa depan. Artinya kamu menanamkan aset, uang atau harta untuk dikembangkan dengan tujuan memperoleh keuntungan. Tidak harus memulai investasi dengan modal yang besar, dengan uang jajan kamu bisa lho untuk memulai untuk berinvestasi. Biar tambah paham tentang investasi, yuk kenali dulu jenis-jenis investasi.

Deposito Berjangka

Kamu sudah tau belum jenis investasi jenis ini ? Deposito berjangka adalah produk investasi seperti tabungan dimana uang yang disetorkan dalam deposito berjangka tidak boleh ditarik, bisa diambil sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan. Kalau kamu ingin mencairkan sebelum tanggal jatuh tempo maka kamu dikenakan biaya pinalti. Deposito berjangka ini sangat diminati karena tingkat bunga yang lebih tinggi, memiliki resiko yang rendah dan cukup aman karena telah dijamin sepenuhnya dengan aman oleh Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS. Ada pula kekurangan menggunakan investasi berjangka ini yaitu kamu tidak bisa mencairkan uang deposito kamu sebelum tanggal jatuh tempo, bunga yang didapat dari investasi ini cukup kecil.

Emas atau Logam Mulia

Investasi ini termasuk investasai jangka panjang yang banyak juga dipilih untuk tabungan masa depan. Alasan banyak yang memilih investasi emas atau logam mulia karena emas mempunyai nilai atau harga yang selalu naik setiap tahun. Selain memiliki nilai jual yang tinggi, emas ternyata juga sangat aman dalam berbagai keadaan serta stabil dan anti inflasi. Salah satu syarat untuk investasi emas adalah kamu tau tempat yang aman untuk menyimpan emas tersebut.

Property

Investasi property ini menjadi sangat menguntungkan karena mempunyai nilai yang selalu naik sama seperti emas atau logam mulia. Selain bisa digunakan sendiri, investasi property juga bisa disewa sebagai income tambahan. Tidak dipungkiri jika investasi property membutuhkan biaya yang besar untuk membangun atau membeli property tersebut seperti rumah, apartment, ruko atau kontrakan. Oleh karena itu, investasi properti cocok untuk yang memiliki modal yang cukup besar dan bisa juga memanfaatkan produk kredit pembelian property agar lebih ringan untuk pembeliannya.

Obligasi

Investasi obligasi merupakan investasi dengan tingkat modal yang cukup besar. Investasi Obligasi adalah investasi dana pinjaman, investor membeli surat hutang yang diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah yang menerbitkan obligasi. Dengan kata lain meminjamkan uang kepada suatu perusahaan atau pemerintah yang kemudian uang itu akan dikembaikan dengan ditambahkan bunga dan dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Tujuannya adalah untuk mengembangkan dan menggerakkan usaha dari perusahaan atau pemerintah tersebut. Investasi obligasi adalah investasi yang cukup menguntungkan, karena pemilik obligasi akan mendapatkan keuntungan dari kupon dan potensi kenaikan harga obligasi.

Reksa Dana

Kamu pasti familiar dengan investasi Reksa Dana, sebenarnya investasi reksa dana itu apa sih? Investasi reksa dana adalah jenis investasi dimana dana kamu merupakan dana gabungan dari investor lain yang dikumpulkan dan dikelola untuk membeli saham, obligasi, atau instrumen keuangan lainnya. Karena investasi dana reksa menggabungkan dana kamu dengan investor lainnya, artinya kamu tidak perlu memulai berinvestasi reksa dana dengan dana yang besar. Dengan uang 100.000 rupiah kamu sudah bisa memulai investasi. Investasi dana reksa merupakan investasi untuk kamu yang baru pemula dan memiliki modal kecil untuk berinvestasi.

Valuta Asing

Investasi valuta asing bisa dikatakan paling cocok untuk kamu para generasi millenial, yang menyukai hal yang sederhana tapi dengan hasil yang maksimal. Valuta asing merupakan investasi perdagangan mata uang suatu negara, dimana kamu membeli mata uang asing dengan harapan suatu saat nilai tukarnya akan naik dan bisa kamu jual. Investasi ini sangat menguntungkan jika kamu tepat memilih mata uang negara asing sebagai instrument investasi.

Saham

Kalau kamu mendengar kata saham pasti berkaitan denga invesasi, betul sekali. Investasi saham merupakan kepemilikan aset perusahaan. Kalau kamu punya saham berarti kamu berhak untuk mendapatkan bagian dari keuntungan yang didapatkan dari perusahaan tersebut. Saham bersifat tidak menentu ini dikarenakan nilai saham berubah setiap harinya jadi keuntungan saham bisa didapat jika perusahaan itu memiliki kinerja yang bagus. Kalau kamu berniat untuk memiliki investasi saham, kamu harus memiliki kemampuan analisa yang baik karena kamu harus menganalisa perusahaan yang memiliki prospek yang akan mendatangkan keuntungan.

Sudah paham tentang jenis investasi kan ? Bisa mulai dari sekarang lho dan kamu sudah tahu investasi apa yang akan kamu pilih sesuai dengan dana yang kamu miliki. Jangan takut untuk berinvestasi karena investasi akan membantu keuangan kamu di masa yang akan datang. yuk berinvestasi.

Tinggalkan Balasan