Masih Bingung Resolusi Keuangan 2019 Apa Yang Ingin Dicapai ? Yuk Baca Ini

Kamu sudah siap untuk sambut 2019? Apa saja resolusi 2018 yang sudah terealisasikan atau tercapai ? emm jangan sedih kalau ada beberapa resolusi kamu yang belum tercapai. Membuat resolusi tahun baru memang sangat dianjurkan karena memiliki pandangan yang optimis membuat kita semangat untuk mencapainya secara profesional walaupun kadang tidak semudah yang dibayangkan. Sebelum memulai untuk membuat resolusi baru baiknya kamu evaluasi resolusi 2018 yang belum tercapai, cari solusi yang tepat untuk mencapainya dan buatlah resolusi 2019. Masih bingung juga apa yang akan kamu capai 2019 ? Yuk simak bersama.

Pilih yang lebih spesifik apa yang kamu ingin realisasikan di 2019

Mungkin di 2018 kamu ingin mencapai sesuatu tetapi tidak bisa direalisasikan nah salah satu penyebabnya adalah kamu belum spesifik nih apa yang ingin capai. Coba bikin resolusi kamu lebih spesifik misalkan dalam hal karier, tujuan kamu apa sih dalam berkarier ? Ingin naik jabatan atau memperbaiki kinerja? Dari tujuan tersebut kamu bisa menyusun strategi apa yang harus kamu lakukan. Ini mempermudah kamu dalam pelaksanaan resolusi kamu lho dan bisa melacak progress sejauh mana kinerja kamu dalam mencapai tujuan. Mengspesifikasikan itu wajib karena kalau tidak pasti sulit, semakin banyak resolusi yang dibuat oleh seseorang justru malah semakin rendah kemungkinannya untuk tercapai.

Atur Cash Flow keuangan

Ini dia kadang suka terlupakan, kamu biasa mengisi resolusi 2019 dengan apa yang ingin dicapai saja tapi tidak menyisipkan hal kecil yang ternyata sangat berpengaruh terhadap resolusi kamu di 2019. Tulis di resolusi 2019 kalau kamu bisa atus Cash Flow keuangan sendiri dan komitmen dengan aturan tersebut. Kamu harus bisa mulai mengatur keseimbangan antara pengeluaran dan pendapatan atau pemasukan dengan seperti ini kamu bisa mengetahui cash flow dan mulai bisa berinvestasi dengan cara memiliki aset seperti beli rumah, kendaraan atau tabungan masa depan.

Isi dengan Finansial yang belum tercapai

Salah satu yang harus kamu targetkan di tahun 2019 adalah finansial 2018 yang belum tercapai. Kamu harus evaluasi finansial 2018 dan susun daftar keinginan yang realistis. Pastikan resolusi kamu 2019 bisa menambah aset atau income  bukan malah mempergunakan hanya untuk kebutuhan yang konsumtif. Hindari keinginan yang bersifat keinginan semata atau bahkan sekedar gaya hidup, tidak usah kamu ikuti yang tidak sesuai dengan daftar keinginan realistis, ini membuat apa yang kamu rencanakan gagal. Kecuali apa yang sudah kamu rencanakan sudah tercapai. Ini bisa sebagai reward untuk diri kamu karena sudah berusaha mencapai apa yang diinginkan.

Manfaatkan aplikasi perencanaan keuangan

2018 masih merasa sulit untuk ngatur keuangan kamu ? Yang kamu butuhin untuk atur ini adalah manfaatkan aplikasi perencanaan, sekarang mulai banyak tumbuh aplikasi perencanaan atau mengatur keuangan sesuai dengan yang kamu butuhkan mulai dari menyusun anggaran, asuransi jiwa hingga investasi. Kamu bisa memanfaatkan teknologi untuk atur semuanya.

Mulailah berinvestasi

Kata siapa investasi harus memiliki uang yang banyak atau pendapatan yang lebih ? Tidak seperti itu faktanya. Kamu bisa berinvestasi sesuai dengan finansial kamu, gak masalah  hanya dengan besaran uang yang sedikit. Sudah banyak kok investasi yang tidak memerlukan dana besar dan biasanya investasi jenis ini adalah investasi jangka panjang. Keuntungan investasi jangka panjang adalah selain jumlah pajaknya yang biasanya tidak terlalu besar ketimbang investasi yang jangka pendek, juga memiliki tingkat risiko yang lebih kecil. Bisa kok kamu masukkan di list resolusi 2019 dengan mulai berinvestasi.

Semua resolusi yang sudah kamu buat hanya menjadi angan-angan jika tidak ada niat dan tekad untuk mencapai resolusi tersebut. Komitmenkan resolusi tersebut di diri kamu, jalani prosesnya dengan suka cita dan nikmati hasilnya kemudian. Yuk wujudkan resolusi keuangan kamu untuk masa depan lebih baik.

Tinggalkan Balasan