Kenapa Banyak Orang Mulai Beralih ke E-Payment ?

Kamu tau kan kalau negara kita Indonesia perlahan sudah mulai  mengganti transaksi tunai ke transaksi E-Payment ? Saat ini sedang berkembang digital payment yang dikembangkan oleh start up financial technology (fintech) dan perbankan, layanan sistem pembayaran tersebut menggunakan teknologi scan QR (Quick Response Code) atau QR payment. Sebut saja Go-Pay dari Gojek, perusahan ini menyediakan pembayaran non tunai dengan berbagai macam kemudahan dan promo. Masih banyak lagi perusahan start up financial technology (fintech) yang menyediakan layanan yang tidak jauh beda dengan Gojek dan bukan merchant terkenal saja yang bisa bayar dengan E-Payment bahkan sampai warung pinggir  jalan bisa transaksi non tunai. Dari sinilah mulai banyak orang yang beralih dari pembayaran uang tunai ke E-Payment karena menurut mereka E-Payment lebih mudah daripada  membayar uang tunai yang harus bayar uang pas ataupun menunggu untuk kembalian.

Seiring dengan berkembangnya teknologi dibidang keuangan, makin banyak kemudahan dalam bertransaksi dan mulai banyak orang yang beralih ke transaksi non tunai atau E-Payment. Kita tidak perlu lagi bawa uang banyak di dompet, menunggu kembalian hanya membawa 1 kartu atau pakai E-payment tidak butuh waktu lama bisa dapatan apa yang kita butuhkan. Nih alasan kenapa banyak orang yang mulai beralih ke non tunai atau E-Payment.

Praktis

Sudah gak jaman lagi sekarang kalau kita belanja atau mau makan di Mall bawa uang banyak-banyak. Cukup kamu pakai 1 E-money atau E-Payment untuk melakukan transaksi. Karena sekarang banyak orang lebih pilih bawa smartphone daripada bawa uang banyak di dompet. Semua transaksi bisa dilakukan lewat smartphone. Atau kamu pengguna fasilitas atau transportasi publik seperti Commuter Line, Transjakarta, Pembayaran Toll ataupun parkir, hanya 1 kartu bisa kamu pakai untuk fasilitas publik tersebut. Proses pembayaran menjadi lebih mudah, tanpa perlu lagi menghitung uang dan kembaliannya, semua jadi praktis.

Keamanan terjamin

Dengan E-payment transaksi tidak hanya praktis, mudah dan hemat waktu juga lebih aman dan transparan. Semua E-payment harus melakukan proses aktivasi dengan pengisian data dan menentukan password. Ini yang menjamin kalau pembayaran E-payment lebih aman, jadi hanya orang yang berhak yang bisa menggunakannnya, sekalipun smartphone atau atmnya hilang. Lebih transparan karena transaksi E-payment dapat dimonitor setiap saat dan dari mana saja menggunakan sistem teknologi informasi modern.

Banyak pilihan pembayaran

Ini menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang yang beralih ke non tunai atau E-payment karena banyak pilihan pembayaran, bisa menggunakan bank yang sesuai dengan pilihan kamu, bisa juga menggunakan kartu kredit ataupun E-payment lain. Banyak pilihan pembayaran ini biasanya dilakukan dalam pembelanjaan E-Commerce ataupun Marketpalce. Untuk E-payment juga bisa di TopUp sesuai bank yang kamu pilih.

Manawarkan banyak promo

Alasan lainnya banyak yang beralih ke E-Payment adalah E-payment mengeluarkan banyak promo, ini salah satu strategi marketing dari start up financial technology (fintech) dan bank untuk menarik customer joint ke produk mereka, juga semakin menarik minat masyarakat untuk mengadaptasi pembayaran non-tunai dalam rangka merealisasikan masyarakat tanpa uang tunai (cashless society) di Indonesia.

Ini beberapa alasan mengapa banyak orang yang beralih ke transaksi non tunai atau E-Payment dan menurut studi Consumer Payment Attitudes yang dilakukan oleh Visa, 57% masyarakat Indonesia semakin sadar bahwa membawa uang tunai berisiko terjadinya tindak kejahatan seperti perampokan, pencurian, penyuapan, dan penyerangan, dan membuat mereka memutuskan untuk pelan-pelan meninggalkan uang tunai. Sementara itu, 61% responden merasa aman menggunakan kartu pembayaran dikutip dari kumparan.com. Kalau kamu punya alasan apa beralih ke non tunai ?

Tinggalkan Balasan