Baru Mulai kerja Tapi Tetap Bisa Nabung, Ini Tipsnya

Moment yang ditunggu oleh Si Freshgraduate yang baru mulai kerja adalah gaji pertama. Sebelum gaji pertama masuk rekening pribadi pasti kamu sudah punya keinginan untuk beli ini lah, bayar itu lah atau mau hangout bareng temen ketempat yang seru, dinner bareng keluarga dan lain sebagainya. Sangat membahagiakan bisa merasakan hasil kerja keras dalam sebulan dan bisa mewujudkan keinginan itu semua karena kamu memiliki penghasilan tiap bulan. Tetapi kadang keinginan berbanding terbalik dengan kenyataan, banyak yang tidak bisa mengelola gaji pertama dan akhirnya habis begitu saja tanpa bisa digunakan secara tepat dan efektif. Jika kamu bisa mengelola gaji di awal kemungkinan kamu mampu memiliki dan mencapai tujuan keuangan kamu dimasa depan. Yuk kelola gaji pertama kamu dengan baik, ini tipsnya

Buatlah Budget List

Tahan ego kamu, jangan merasa menjadi orang kaya saat tanggal gajian tiba. Di saat ini banyak yang terjebak oleh keinginan sesaat. Gaji kamu itu hanya sementara karena masih banyak kebutuhan yang harus kamu penuhi. Sebelumnya kamu harus buat Budget list, ini wajib agar terkontrol cash flow keuangan kamu. Buatlah daftar hal yang paling prioritas atau kebutuhan pokok kamu, sesuaikan dengan gaji yang kamu dapat saat ini.

Jangan Lupa untuk MENABUNG

Menabung menjadi prioritas pertama untuk kamu yang baru mulai bekerja. Anggarkan paling tidak 10% hingga 20% dari gaji kamu untuk menabung hal ini akan membantu mengendalikan besaran pengeluaran kamu serta menekan keinginan untuk membeli hal-hal di luar kebutuhan. Dan manfaat lain dari tabungan ini adalah jika ada kebutuhan yang tidak terduga, kamu bisa pakai tabungan ini untuk kebutuhan tersebut tanpa harus pinjam orang lain.

Sedari Dini Mulai Berinvestasi

Selain menabung, yang harus kamu lakukan adalah mulailah berinvestasi. Belajarlah mengelola keuangan kamu dengan menyisihkan gaji kamu untuk investasi karena semakin kamu cepat memulai investasi, semakin cepat pula tujuan keuangan yang kamu impikan tercapai. Jangan berpikiran harus besar dalam berinvestasi, sedikit namun konsisten juga bisa menghasilkan yang maksimal.

Hindari Hutang

Buat kamu yang baru kerja dan mendapat gaji pertama, sebisa mungkin kamu menghindari hutang seberapapun jumlahnya. Kamu harus bisa mengelola gaji kamu hingga gaji selanjutnya datang. Jika sejak awal kamu mudah untuk berhutang maka kebiasaan itu sulit untuk dihilangkan. Ini akan menjadi kebiasaan buruk jika kamu tidak punya uang. Aturlah sebaik mungkin gaji pertama kamu jangan sampai gaji itu tidak bisa mencukupi kamu hingga gaji berikutnya datang.

Tinggalkan Balasan