Jenis Fintech Yang Perlu Kamu Ketahui

Kamu udah tau belum tentang Fintech, Fintech itu perusahaan yang melakukan inovasi di bidang jasa keuangan dengan sentuhan teknologi modern yang bertujuan menyediakan layanan finansial. Beberapa tahun ini Fintech terus tumbuh di Indonesia dan ini dia jenis Fintech yang perlu diketahui.

payment, clearing dan settlement

Fintech jenis ini yang lagi berkembang di Indonesia, kalau kamu tau E-wallet dan Payment Gateaway contohnya seperti Go-Pay, OVO, DANA, YAP BNI, Sakuku, Mandiri e-cash. Fintect jenis bertujuan untuk mempermudah dan mengefisienkan waktu proses pembayaran transaksi online. Hanya butuh smartphone kamu bisa menikmati pembayaran secara mudah dan bisa bayar apapun.

Manajeman Resiko dan Investasi

Singkat cerita platform Fintech ini merupakan berbentuk perencanaan keuangan digital. Kamu akan dibantu untuk mengetahui situasi dan kondisi perencanaan keuangan yang tepat. Cukup dengan smartphone kemudian isi data untuk mengetahui rencana keuangan yang tepat. Contohnya, Bareksa, Cekpremi, Rajapremi, Investree, hingga Online-Pajak yang membantu buat mengatur pajak.

Market Aggregator

Website atau platform ini menyajikan beragam informasi layanan keuangan, Informasi tersebut kemudian dapat kamu bandingkan untuk menentukan produk keuangan yang terbaik mulai dari kartu kredit, kredit, asuransi, hingga investasi. Salah satu contoh market aggregator di Indonesia adalah DuitPintar.com. Cekaja dan Cermati. Platfom ini sangat membantu kamu untuk memutuskan produk keuangan mana yang kamu pilih.

Crowdfunding dan Peer-to-Peer (P2P) Lending

Platform jenis ini mulai banyak di Indonesia, Kita bahas detail ya. Crowdfunding itu layanan pembiayaan massal atau penggalangan dana untuk bencana, tidak hanya bencana aja lho tapi membiayai suatu karya contohnya kitabisa.com. Peer-To-Peer Lending (P2P) mempertemukan antara pemberi pinjaman (investor) dengan para pencari pinjaman dalam satu platform. Contohnya Kredivo, UangTeman, Modalku, Investree, Amartha dan KoinWorks. Crowdfunding dan P2P lending sekilas sama-sama meminjamkan dana, namun ada perbedaan dasar antara keduanya yakni dari segi cash flow dan profitabilitas.

Sepertinya Fintech Indonesia membantu kita banget ya, mulai dari pilihan pembayaran, mengatur keuangan dalam berbisnis hingga peminjaman. Jadi udah tau kan jenis Fintech yang ada di Indonesia.

Tinggalkan Balasan