Bahaya Merkuri Kosmetik Pada Kesehatan

Monday, July 2nd 2018 - Beauty & Health

PESTADISKON, JAKARTA – Merkuri disebut sebagai zat terlarang untuk dijadikan bahan krim pemutih. Meskipun begitu, masih banyak wanita yang tergoda dengan iming-iming kulit putih secara instan dalam waktu singkat. Sudah berkali-kali dikampanyekan, bahwa cantik itu tidak ditentukan oleh kulit putih, masih banyak wanita yang mengejar memiliki kulit putih secara instant. Sayangnya, kurangnya pengetahuan akan informasi produk seringkali menjerumuskan mereka dan justru membahayakan nyawa.

 

Penggunaan merkuri kini semakin berleluasa di dalam kosmetik. Merkuri bertindak sebagai agen pemutih yang selalu digunakan dalam sabun dan krim. Merkuri dalam bukan organik bertindak mencegah pembentukan melanin menjadikan tona kulit lebih cerah. Belakangan ini banyak diberitakan efek samping berbahaya yang dialami oleh wanita, mulai dari kerusakan kulit, kerusakan syaraf, penyakit ginjal hingga kanker.

 

Faktanya, saat ini banyak sekali produk – produk konsumsi manusia, seperti kosmetik, bahkan bahan – bahan makanan yang terbukti memiliki kandungan merkuri di dalamnya, padahal sudah jelas bahwa merkuri itu sangat berbahaya bagi kesehatan, bahkan dilarang oleh macam badan kesehatan, seperti BPOM hingga WHO. Dilansior dari hallosehat.com, berikut bahaya merkuri kosmetik pada kesehatan :

 

 

Kegelisahan dan Gugup

 

 

Merkuri yang terlalu banyak masuk dan tercerna di dalam tubuh manusia dapat menyebabkan banyak gangguan yang cukup aneh. Salah satunya adalah gangguan kegelisahan dan juga seringnya meraskan gugup pada mereka yang tercemar. Sama seperti kerusakan pada otak, hal ini biasanya terjadi ketika sseorang mengkonsumsi bahan makanan yang sudah mengandung merkuri.

 

 

 


Menyebabkan Kulit Menjadi Pucat dan Memiliki Flek Hitam

 


Terkadang, merkuri, secara sengaja ataupun tidak ditambahkan ke dalam sebuah kosmetik. Penggunaan logam merkuri pada sebuah kosmetik mungkin dapat menyebabkan kulit anda terlihat lebih putih dan cantik, namun ternyata dalam jangka panjang, penggunaan kosmetik bermerkuri ini nantinya akan menyebabkan kulit anda menjadi pucat dan juga mengalami flek hitam

 

 

 

Menyebabkan Kanker Kulit

 

 

Efek terburuk yang mungkin bisa terjadi akibat penggunaan kosmetik yang mengandung merkuri adalah munculnya kanker kulit, yang sudah pasti sangat berbahaya malahan, kandungan merkuri bisa masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan virus kanker menyebar ke seluruh tubuh, dan meningkatkan resiko terserang berbagai macam jenis kanker.

 

 

 

Iritasi Pada Bagian Kulit

 

 

Pada kulit, merkuri dapat menyebabkan terjadinya iritasi dan juga gangguan ringan pada kulit, apabila baru digunakan. Biasanya, iritasi dapat berupa kulit kemerahan, gatal – gatal, dan juga ruam pada bagian kulit. Jika merkuri digunakan pada kosmetik, ini akan berdampak serius pada jangka panjang.

 

 

Menyebabkan Kerusakan Pada Lapisan Epidermis

 

Masalah lainnya akan timbul pada kulit anda apabila anda menggunakan kosmetik atau obat yang memilki kandungan merkuri di dalamnya. Penggunaan merkuri akan menyebabkan kerusakan pada lapisan epidermis kulit anda, sehingga hal ini akan menyebabkan kulit anda akan menjadi tidak sehat.

 

 

Menyebabkan Gangguan Sistem Syaraf

 

 

Merkuri sangat mungkin menyebabkan terjadinya gangguan sistem syaraf. Hal ini berhubungan dengan kemampuan logam merkuri dalam menyebabkan kerusakan dan juga gangguan pada otak kita. Gangguan sistem syaraf yang dapat muncul antara lain adalah tremor, halusinasi, gangguan kecemasan, gangguan syaraf motorik, dan masih banyak lagi jenis gangguan syaraf yang akan muncul apabila merkuri sudah menyerang bagian otak dan juga sistem syaraf manusia.

 

 

(RY/PD)

PESTADISKON, JAKARTA - Taukah kamu, bahwa kini banyak product kosmetik meggunakan merkuri. Ternyata merkuri mempunyai dampak negatif bagi kesehatan lho. Simak ulasan berikut ini.


Related Articles

Partners